WISATA ALAM

Drs. Sokhiatulo Laoli, MM Saksikan  Final Nias Pro 2023 Di Pantai Sorake

Nias Selatan Sebagai Destinasi Wisata Selancar Tingkat Internasional

NIAS SELATAN , SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Mantan Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli,MM saksikan semifinal dan final Nias Pro atau World Surf League Qualifying Series 5000 di Pantai Sorake, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Minggu (17/9/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung Tanggal 11 s/d 17 September 2023 bekerjasama dengan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) dan World Surf League (WSL).

Drs.Sokhiatulo Laoli, MM yang juga bakal calon Anggota DPR RI Dapil II Sumut bertandang ke Sosui Losmen dan restoran bersama Bupati Nias Selatan, Hiliarius Duha. Mereka menyaksikan pertandingan itu sembari menikmati secangkir kopi.

Usai kegiatan perlombaan Semifinal dan Final Surfing, ianya bersama Forkopimda mengikuti acara penyerahan kejuaraan sekaligus acara penutupan.

Ketua Panitia, Firman Giawa dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana dengan baik dimana  peserta yang mengikuti  sebanyak 198 atlet dari 15 negara yang ada di luar negeri.

Ia jelaskan, adapun tujuan kegiatan Nias Pro 2023 untuk mempromosikan Nias Selatan Sebagai Destinasi Wisata Selancar Tingkat Internasional di Provinsi Sumatera Utara dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Mancanegara dan wisatawan Nusantara di Kabupaten Nias Selatan serta mendorong perbaikan infrastruktur yang memadai dalam penyelenggaraan event-event internasional.

“Kami mohon melalui Menteri, kegiatan ini sudah agenda tahunan di pemerintahan Kabupaten Nias Selatan dan seratus persen dananya diambil dari APBD, “Ucap Firman.

Ianya mengungkapkan bahwa sesuai dengan perencanaan pada waktu yang akan datang kalau bisa dua kali dalam satu tahun dalam pelaksanaan ini karena mendorong juga peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Nias Selatan.

Saya sebagai Ketua Panitia mengucapkan terimakasih kepada warga secara khusus seluruh masyarakat Kabupaten Nias Selatan atas terselenggaranya kegiatan Nias Pro di Pantai Sorake ini sehingga bisa terlaksana dengan sukses, ujar Ketua Panitia.

Sementara, Mewakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan bahwa kegiatan yang bersifat internasional ini sangat bersyukur bisa terlaksana dengan baik.

Pada kesempatan itu juga, ianya menyampaikan pesan dari Menteri bahwa apresiasi dan penghargaan yang luar biasa pada Kabupaten panitia dan masyarakat karena bisa menyelenggarakan sebuah kegiatan yang memanfaatkan pada potensi alam.

“Kalau kita lihat kekayaan Indonesia laut dan pulau masih banyak tapi yang bisa menyelenggarakan event yang bersifat internasional, saya kira kita patut memberikan apresiasi pada para Bupati dan seluruh masyarakat, “Ungkapnya.

Tambahnya lagi, Ianya berharap pada tahun yang akan datang bisa dilaksanakan lagi karena potensinya sangat luar biasa dan bisa di pertahankan atau dikembangkan lagi.

Kegiatan event yang akan datang dan mudah-mudahan bisa mendapat dukungan dari para Menteri dan bisa terselenggara bisa dua kali dalam satu tahun, Pungkasnya sambil menutup kegiatan event Nias Pro 2023.

Dalam penutupan ditampilkan sanggar budaya, champioship celebration, penyerahan hadiah bagi juara surfing dan hiburan rakyat. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button