Tak Berkategori

KKG Pangeran Sutajaya Gebang Binaan Hj.Siti Komariah, M.Pd.I. Melaksanakan Workshop IKM Perkuat Guru Transformatif.



Cirebon, suaraindependentnews.id
| Kelompok Kerja Guru (KKG) Pangeran Sutajaya Gebang dibawah naungan Pengawas Hj. Siti Komariah, M.Pd.I. melaksanakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tingkat Madrasah Ibtodaiyah yang bertempat di Aula Masjid Darul Ulum MI SMART Gebang.

Acara ini diselenggarakan di Aula Masjid Darul Ulum MI SMART Gebang-Cirebon, kegiatan workshop IKM berlangsung selama dua hari dari 10-11 September 2023.

Menurut Ketua Panitia, Asyrofuddin, .S.Pd.I., M.Pd. memgatakan, Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tingkat KKG Pangeran Sutajaya ini bertujuan agar para guru dapat mempersiapkan diri lebih awal dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru 2023/2024. Selain itu, dengan adanya workshop IKM diharapkan semakin memperkuat peran guru di era pendidikan transformatif.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut ikuti sebanyak 83 peserta yang terdiri dari 13 Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang tergabung kedalam KKG Pangeran Sutajaya Gebang, tambahnya.

Turut hadir H.Shohibi, S.Pd.I. selaku pengawas di lingkungan Kemenag Kabupaten Cirebon di hari pertama kegiatan workshop IKM. Adapun pemateri utama dalam workshop IKM kali ini adalah DR.Durahman, S.Pd.I., M.M.Pd. dari BDK Kemenag Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan workshop IKM dibuka oleh Hj.Siti Komariah, M.Pd.I. selaku Pengawas Madrasah dan Penanggungjawab KKG Pangeran Sutajaya Gebang. Dalam sambutannya menyampaikan, “Guru-guru saat ini menghadapi perubahan tantangan zaman, termasuk dalam menyikapi perubahan kurikulum, maka dari itu perlulah seorang guru untuk terus meningkatkan kompetensi dan literasinya, menjadi guru yang produktif dan adaptif dengan kemajuan teknologi informasi, karena guru saat ini bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan bagi anak”.

Nilai-nilai karakter dan nilai spiritual menjadi nilai plus dan pondasi yang harus benar-benar ditanamkan pada diri peserta didik saat ini, imbuhnya.

Pemateri utama workshop IKM, selain memberikan materi seputar IKM, juga memberikan motivasi kepada Kepala Madrasah dan guru-guru agar ke depan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan penuh semangat dan menggunakan Strategi Mengajar yang kreatif muntuk menghidupkan suasana kelas yang menyenangkan dan bermakna. (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button