KODAM III/SLW-MABES TNI

Kodim 0613/Ciamis Bantu Masyarakat Dapatkan Akta Nikah

KODIM 0613/CMS-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Kodim 0613/Ciamis memfasilitasi kegiatan Sidang Isbat Nikah (pengesahan nikah) Pengadilan Agama Ciamis secara massal di Koramil 0613-06/Panjalu, Senin (26/06/2023).

Demikian disampaikan Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P, M.I, Pol., kepada awak media di Makodim 0613/Ciamis, Selasa 27 Juni 2023.

Kegiatan Sidang Isbat Nikah yang dilakukan untuk pasangan suami istri yang belum memiliki Kutipan Akta Nikah dari KUA. Kegiatan tersebut merupakan langkah nyata Kodim 0613/Ciamis untuk membantu masyarakat agar memiliki kepastian hukum dalam pernikahan.

Dandim 0613/Ciamis memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PA Ciamis yang telah bersedia untuk menggelar sidang Isbat Nikah diluar gedung sidang PA. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis.

Inisiasi menggelar sidang Isbat Nikah dilakukan setelah Kodim 0613/Ciamis mengetahui bahwa banyak masyarakat yang tidak bisa mendapatkan bantuan pemerintah akibat terkendala syarat administrasi yang tidak lengkap, diantaranya belum memiliki Akta Nikah, Akta Kelahiran anak dan Kartu Keluarga.

“Karena masih banyak masyarakat di Ciamis yang belum mempunyai Buku Nikah, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran, maka kami bekerjasama dengan PA Ciamis dan KUA setempat menggelar sidang Isbat Nikah ini”, tutur Dandim.

Sementara itu Ketua Pengadilan Agama Ciamis H. Drs. Arif Mukhsinin, S.H., M.H., memberikan apresiasi kepada Kodim 0613/Ciamis yang telah menyiapkan sarana dan prasarana dalam kegiatan sidang Isbat Nikah sehingga dapat berjalan dengan sukses.

“Saya mengingatkan tentang pentingnya pencatatan pernikahan di KUA. Selain sebagai bukti legalitas sebuah pernikahan, Kutipan Akta Nikah juga merupakan salah satu identitas hukum yang berimplikasi terhadap hak-hak keperdataan, baik dalam kewarisan, wali pernikahan dan sebagainya”, ujar Ketua PA.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Ciamis Dr. H. Tatang, M.Pd., Ketua PN Ciamis Vivi Purnamawati, S.H., M.H., Kasdim 0613/Ciamis., Kepala Kemenag Ciamis Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.Pd., Plt. Kadisdukcapil Ir. Tini., Camat Panjalu Rohendi S.OS., Camat Sukamantri Ma’mun., Danramil 1306/Panjalu Kapten Inf Maryoto., Kapolsek Panjalu Iptu Yaya Koswara, SH., Ketua MUI Kecamatan panjalu., Ketua MUI kecamatan Sukamantri., Para Kades se-Kecamatan Sukamantri dan Panjalu. (Pendam III/Siliwangi, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button