WISATA KEAGAMAAN

Komjen Pol Purn Drs.H. Suhardi Alius,M.H Bangun Mesjid di Kab Solok

Sabtu, 6 November 2021

Kab Solok, Suaraindependent.id— Mesjid yang ke 334 di Kabupaten Solok kembali di berdiri, tepatnya di pintu masuk Kab Solok dari Kota Padang. Kali ini mesjid tersebut dibangun oleh Komjen Pol Purn Drs.H. Suhardi Alius,M.H dan keluarga di Jorong Lubuak Selasiah Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kab Solok.

Diawali dengan peletakan Batu Pertama pembangunan Masjis H.Alisma Alius oleh Bupati Solok yang diwakili oleh ,Pj Sekda Medison,S,Sos,M,Si, Sabtu (6/11) yang dihadiri oleh Komjen Pol (Purn) Drs.H.Suhardi Alius,M.H, Gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan dan SDM Muhammad Yani,S.H.

Bupati Solok diwakili Pj Sekda Medison,S,Sos,M,Si, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edy Mardianto, Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo, Rektor Unand Prof Yuliandri, Rektor UNP Prof Ganefri , Wali Nagari Batang Barus Syamsul Azwar, Pimpinan BUMD dan BUMN.

Wali Nagari Batang Barus dalam sambutannya mengatakan pembangunan masjid ini merupakan harapan dari masyarakat Jorong Lubuak Selasiah Nagari Batang Barus. Semoga proses pembangunan masjid ini berjalan lancar hingga selesai nanti, terang Syamsul Azwar.

Bupati Solok diwakili Pj Sekda Medison menyampaikan permohonan maaf Bupati yang tidak bisa hadir karena masih berada diluar daerah. Pemerintah daerah dan pemerintah Nagari siap merawat dan meramaikan masjid ini nantinya.

Harapan kita kedepan akan banyak lagi tokoh tokoh Kab solok yang sukses dirantau untuk melirik dan memperhatikan kampung halamannya, punkas Medison.

Rektor UNP Ganefri dalam sambutannya mengatakan, hari ini saya merasa tersentuh melihat bagaimana kecintaan seorang anak terhadap orang tuanya, semoga ini menjadi contoh untuk kita kedepanya. Suardi Alius telah banyak memberikan masukan dan membantu kami baik di Unad maupun UNP, bagi kami beliau bukan hanya sekedar teman tetapi juga sebagai panutan. Kami yakin bila mesjid ini sudah selesai pasti akan ramai di kunjungi masyarakat untuk beribadah karena letaknya yang strategis.

Gubernur Sumbar diwakili Staf ahli bidang Pembangunan SDM Dan Kemasyarakatan Muhammad Yani,SH mengatakan permintan maaf dari Gubernur yang tidak bisa hadir, dan atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar mengucapkan terimakasih kepada keluarga Suardi Alius yang akan membangun sebuah masjid di pintu masuk Kab Solok ini.

Ini merupakan Salah satu upaya perwujudan adat basandi sarak sarak basandi kitabulah. Mudah mudahan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan masyarakat yang melintas jalur pintu masuk Solok Padang

Disamping menjadi tempat ibadah, mesjid juga bisa digunakan untuk tempat pertemuan saling menjalin silaturahmi dan tempat musyawarah antar masyarat, semoga itu menjadi amal ibadah bagi keluarga Suhardi Alius terutama bagi ibunda tercinta Hj.Alisma Alius.

Komjen Pol Purn Drs.H.Suhardi Alius,M.H menyampaikan apresiasi kepada wali Nagari Batang Barus beserta jajaran yang telah menghibahkan tanah untuk pembangunan masjid ini, juga ucapan terimakasih kepada Pemda dan Polres Solok yang telah membantu terealisasinya proses peletakan batu pertama pembangunan masjid ini.

Dikatakannya, yang menjadi motifasi saya dalam membangun masjid ini, karena alamrhum ibunda itu adalah orang yang tidak pernah lepas dari masjid, surau maupun pesantren.

Ibunda berasal dari Nagari Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak,Kab Solok sejak tahun 50 sudah merantau ke Jakarta. Kita memilih lokasi ini, karena lokasi pembangunan masjid Ini adalah tempat yang sering kita lalui ketika akan pulang kampung.

Kita berharap masjid ini bermanfaat untuk masyarakat disni maupun masyarakat yang melintas di jalur ini, selain pembangunan masjid, nantinya kita juga akan melengkapi dengan fasilitas pendukung lainya seperti tempat mengaji, tempat bermain anak anak, serta tempat parkir roda dua dan roda empat. (billy@nsi-id)

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button