KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Korem 062/Tarumanagara Gelar Upacara Peringatan HUT Ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Korem 062/Tn menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke -78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 bertempat di Lapangan Upacara Makorem 062/Tn Jalan Bratayudha No. 65 Kabupaten Garut, Kamis 17/8/2023.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke -78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, bertindak selaku Inspektur Upacara Kasilog Korem 062/Tn Letkol Inf Ayuga Pelita dan sebagai Komandan Upacara Dandenmarem 062/Tn Kapten Arm Dede Hermawan, Perwira Upacara Pgs Kapulahtarem 062/Tn Letda Inf Azkhari, pengibar sang merah putih anggota Provos Korem 062/Tn dan pembaca pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Letda Chb Kiki, diikuti oleh seluruh personel Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Makorem serta Satbalak aju jajaran Korem 062/Tn.

Pada upacara tersebut inspektur membacakan Amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menyampaikan di hari dan bulan yang sangat bersejarah ini, pada hari ini tanggal 17 Agustus 2023 kita dapat mengikuti upacara “Hari Ulang
Tahun ke-78 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, secara khidmat.

Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan seperti ini, pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kita kepada para pejuang, pendiri Republik ini, para pahlawan sejati, yang telah memberikan segala-galanya melampaui dari apa yang seharusnya diberikan.

Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus, wujud penghormatan dan penghargaan yang paling mulia, yang harus kita berikan adalah mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan serta melanjutkannya untuk mengisi kemerdekaan.

Setelah 78 tahun Indonesia merdeka, kini menjadi tugas kita semua untuk mengisi kemerdekaan. TNI harus menjadi perekat kemajemukan bangsa, karena TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kerukunan, toleransi dan kebhinekaan, sehingga bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang utuh, kuat dan tangguh.

Sebelum kita mampu merekatkan kemajemukan, maka soliditas dan sinergitas di antara kita harus terwujud terlebih dahulu. Ingat, pada era globalisasi seperti sekarang perkembangan lingkungan strategis memiliki dampak yang signifikan terhadap suatu negara, termasuk negara kita. Pengalaman membuktikan bahwa dengan soliditas dan sinergitas yang kuat, maka setiap potensi terjadinya gangguan keamanan lebih mudah untuk dideteksi dan diantisipasi bersama-sama.

Bersamaan dengan tugas kita kedepan yang semakin komplek dan dinamis, kita juga harus berjuang dalam menata dan menegakkan sistem hukum yang adil. Kita harus ingat, bahwa semua warga negara berkedudukan sama di depan hukum dan berhak mendapatkan keadilan.

Semua pelanggaran hukum yang dilakukan oleh prajurit TNI akan dilanjutkan sesuai prosedur hukum yang berlaku, oleh karena itu setiap prajurit TNI agar bersikap profesional, tangguh, bermoral, berdedikasi, dan mempunyai loyalitas tinggi dengan mental Sapta Marga.

Berkaitan di tahun 2023 yang merupakan tahun politik menuju Pemilu 2024, TNI tetap harus netral. Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI tidak ingin kembali ke politik, TNI secara tegas tidak masuk ranah politik praktis.

Mari kita jadikan peringatan kemerdekaan Indonesia ini menjadi tonggak baru untuk membangun komitmen yang lebih segar dengan memupuk karakter dan nilai-nilai luhur bangsa.

Dilanjutkan pembacaan doa dan andhika Bhayangkari, acara selesai.

Setelah upacara, ditempat yang berbeda seluruh Prajurit dan PNS Makorem 062/Tn beserta jajaran menyaksikan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang ditayangkan oleh Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Hadir pada Upacara tersebut diantaranya, Para Kasi dan Pasi Korem 062/Tn., Kasatbalak Korem 062/Tn serta seluruh peserta upacara. (Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button