Lingkungan

Pasca Event Rang Solok Baralek Gadang, Wawako Solok Pimpin Aksi Bersih Bersih

Pasca Event Rang Solok Baralek Gadang, Pemko Solok adakan aksi bersih-bersih

Senin, 26 September 2022

Kota Solok, Suaraindependent.id — Event Rang Solok Baralek Gadang merupakan event besar dan bersejarah bagi masyarakat Kota Solok. Pasalnya, ini event pertama yang dipersembahkan Pemkot Solok yang menyatu dengan alam di satu titik dengan banyak kegiatan.

Kekompakan yang diapungkan oleh jajaran Pemerintah Kota Solok layak diapresiasi dan dijadikan sebagai motifasi oleh kelompok masyarakat ataupun organisasi lainnya.

Pasalnya, walaupun pelaksanaan event Rang Solok Baralek Gadang diakomodir oleh Dinas Pariwisata Kota Solok, namun tetap dihiasi dengan kebersamaan yang melibatkan seluruh instansi dilingkungan Pemerintah Kota Solok.

Hal itu bukan sekedar isapan jempol belaka, diawali dengan apel gabungan, Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra memimpin aksi goro bersama dalam rangka membersihkan lokasi dan kawasan tempat dilaksanakannya Event Besar Rang Solok Baralek Gadang, Senin (26/9)

 

Ramadhani mengungkapkan, “kegiatan yang terlaksana itu berdasarkan intruksi Walikota Solok H.Zul Elfian Umar, dan menghimbau seluruh kepala OPD serta instansi terkait untuk melakukan aksi bersih bersih pasca event besar itu dilaksanakan.”

Goro yang melibatkan seluruh instansi tersebut, terencana mulai dari pagi hingga sore hari, dan berkemungkinan besar, kegiatan akan tetap berlanjut hingga esok harinya, apabila tidak dapat dirampungkan.

“Ini bukan semata mata tanggung jawab Dinas Pariwisata, melainkan menjadi tanggung jawab kita bersama, karena ini adalah Alek Urang Solok,” tegas Wawako.

Lebih jauh Wakil Walikota Solok menyampaikan, apapun bentuk kegiatan pemerintah yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, dilaksanakan secara bergotong-royong, dan ini merupakan tradisi yang telah diwariskan oleh leluhur kita

Menurut Ramadhani, budaya Goro yang telah diwariskan itu banyak mengandung nilai nilai positif seperti, kebersamaan, persatuan, rasa memiliki, rela berkorban, dan hidup bersosialisasi. Hal itu telah terimplementasikan didalam kehidupan masyarakat kota Solok sampai saat ini, ungkapnya.

Pantauan media ini, ratusan ASN Pemkot Solok terlihat membersihkan sekira 2 ton jerami yang menjadi salah satu bahan dasar untuk mendekorasi seluruh tempat di Event Rang Solok Balalek Gadang. Selain itu peserta juga membersihkan segala bentuk sisa bangunan baik berupa kayu ataupun potongan bambu.

Goro ini difokuskan untuk membersihkan pasak berupa paku yang tercecer baik dijalan atau disawah dengan mempergunakan magnet”

Sebelumnya pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang pada Kamis, 22 September 2022 oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, turut hadir Direktur Pengembangan Destinasi Regional I Kemenparekraf RI, Oni Yulian. Kegaitan ini ditutup secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat, H.Mahyeldi, Minggu, 25 September 2022.

Tutur hadir pada kegiatan itu Sekda Pemko Solok, Syaiful A, para asisten, kepala OPD dan jajaran, Jajaran PDAM Kota Solok, pelaku UMKM, masyarakat, serta pemilik lokasi (sawah) tempat dipusatkanya Event Rang Solok Baralek Gadang. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button