TNI

Pelayanan Kesehatan Gratis Digelar Satgas Satuan Organik Yonarhanud 3/YBY Bagi Desa Binaan

HALMAHERA BARAT, suaraindependentnews.id – Pengobatan massal dan pemeriksaan gula darah gratis, bagi masyarakat Desa Naga, Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat digelar Satgas Satuan Organik Yonarhanud 3/YBY, dalam rangkaian peringatan Hari Juang TNI AD.

Pengobatan gratis diberikan untuk membantu masyarakat desa binaan, dilaksanakan di Balai Desa Naga, untuk memudahkan warga mendatangi tempat pengobatan tersebut. Dalam kesehariannya, masyarakat di Desa Naga, Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat memiliki akses pelayanan kesehatan yang minim, dan jika ingin berobat harus ke Puskesmas yang letaknya cukup jauh.

Komandan Satgas Satuan Organik Yonarhanud 3/YBY Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han., kepada media melalui Komandan Pos 3/Ibu Sertu R. Reginal. S, saat dikonfirmasi pada Sabtu, 10 Desember 2022 mengatakan, bahwa kegiatan pengobatan massal dan pemeriksaan gula darah gratis, merupakan kegiatan teritorial bidang Bakti TNI dimana Pos 3/Ibu bersama dengan Puskesmas Ibu, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Barat. Kegiatan tersebut untuk membantu masyarakat setempat.

“Tingkat kesehatan di wilayah Kabupaten Halmahera Barat terutama di Wilayah Ibu masih tergolong cukup rendah, sehingga kami berinisiatif pada momen Hari Juang TNI AD mengadakan pengobatan massal gratis. Dalam pelaksanaan pengobatan gratis ini melibatkan dokter dan beberapa tenaga medis yang berada di Kecamatan Ibu”, ujarnya.

Lanjut dijelaskannya, bahwa dengan dilakukan secara bersinergi dan bergotongroyong, maka pelayanan pada masyarakat Desa Naga dapat berjalan sesuai dengan harapan.

“Semuanya dapat terlaksana dengan baik karena adanya kerjasama dengan pihak Puskesmas Kecamatan Ibu, Dinkes Kabupaten Halmahera Barat, Kepala Desa Naga, Tokoh Pemuda dan masyarakat Desa Naga yang sudah mendukung berbagai keperluan yang dibutuhkan dalam kegiatan”, jelas Danpos.

Di tempat yang sama Kepala Desa Naga Orvans Lexi Uang, S.T. mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada pihak yang mengelar kegiatan pengobatan umum gratis bagi warganya.

“Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan positif yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, sehingga diharapkan bisa bermanfaat bagi warga yang berada di wilayah dengan akses pelayanan kesehatan yang minim, terutama bagi masyarakat yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan karena faktor ekonomi maupun kendala jarak ke Puskesmas yang cukup jauh”, ungkap Orvans Lexi Uang, S.T.

Dalam kesempatan itu juga Abram Mais salah satu tokoh masyarakat desa Naga yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pos 3/Ibu satgas Yonarhanud 3/YBY yang telah menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan sehingga masyarakat terbantu dan menyentuh hati warga desa Naga. (Pendam III/Siliwangi, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button