WISATA KEAGAMAAN

Polres Nias Gelar Lomba Dakwah Tingkat Pelajar Se-Kepulauan Nias 

Memperingati Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1444 H / 2023 M 

GUNUNGSITOLI, SUARA INDEPENDENTNESW. ID

Polres Nias menggelar Perlombaan Dakwah/Ceramah tingkat Pelajar SMA/SMK/MA sederajat se-Kepulauan Nias, dalam rangka memeperingati Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1444 H / 2023 M, Jum’at (14/04/2023).

Perlombaan Dakwah tersebut digelar selama 2 Hari terhitung dari Hari Jum’at (14/04/2023) sampai Hari Sabtu (15/04/2023) yang dilaksanakan di Masjid Baiturrahman Polres Nias dan diikuti oleh 38 Peserta yang telah mendaftarkan diri.

Sebelumnya melalui Media Sosial Resmi Polres Nias, telah memposting Perihal Pelombaan Dakwah tersebut dengan Tema Peran Generasi Muda menciptakan Kamtibmas yang Kondusif, Menumbuhkan Generasi Muda Cinta Agama, Bangsa dan Negara, Mewujudkan Generasi Muda , menguasai Imtak dan Imtek, dengan durasi Ceramah selama 10 Menit.

Pada acara pembukaan Lomba, Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.I.K. dalam sambutannya menyampaikan, gagasan lomba ini muncul karena ada kegelisahannya, dimana diawal Bulan Ramadhan saya mencoba keliling dari Masjid ke Masjid dan dari Surau ke Surau.

“Dari beberapa Orang Pengurus Masjid dan Jama’ah yang dijumpai, saya dapat informasi bahwa pada saat malam, tidak ada pelaksanaan kegiatan ceramah di Masjid ataupun Surau”, Ungkap Luthfi

“Kemudian saya berpikir dan menyadari, mungkin Da’i (Penceramah) di Kepulauan Nias ini sangat terbatas”, Ujar Luthfi

Selama bulan Ramadhan kita memanjakan Tubuh Jasmani Kita dengan hidangan dan sajian makanan yang enak dan nikmat dimana makanan tersebut hampir tidak ada pada bulan-bulan biasa.

Dan hal ini cukup tidak adil, dimana Rohani kita jarang kita sirami dan jarang kita berikan asupan Rohani melalui Ceramah yang kita dengarkan, kita mendengar Ceramah itupun hanya sekali seminggu pada hari Jum’at saja, atau ceramah melalui Radio, Televisi dan Youtube.

“Lalu saya berdiskusi dengan beberapa orang kerabat, untuk membicarakan dan merencanakan penggelaran lomba Dakwah / Ceramah dalam rangka memeperingati Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1444 H / 2023 M”, Terang Luthfi

“Hal ini bertujuan supaya nantinya bisa menghasilkan Pendakwah atau Da’i generasi penerus di Kepulauan Nias”, Jelas Luthfi.

“Mudah-mudahan Kegiatan Lomba Dakwah ini dapat menghasilkan Da’i-Da’i Generasi penerus yang bisa menggelorakan semangat Dakwah di Kepulauan Nias dan lanjut nantinya dapat dilakukan pembinaan baik dibawah naungan MUI maupun Kemenag Kabupaten/ Kota”, Harap Luthfi mengakhiri

Terpantau kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua MUI Kota Gunungsitoli, Ketua MUI Kab. Nias, Kakankemenag Kota Gunungsitoli, Kakankemenag Kab. Nias, Ketua Pengadilan Agama Kota Gunungsitoli, Dewan Juri, Personil Polres Nias dan para peserta Lomba. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button