TNI

Program Ketahanan Pangan, Dandim 0619/Pwk Gelar Kegiatan Penanaman Jagung

PURWAKARTA-JABAR || suaraindependentnews.id – Bertepan hari ulang tahun Bela Negara dan dalam rangka program ketahanan pangan,Dandim 0619/Pwk melakukan penanaman jagung. Dimana pemerintah meluncurkan program ketahanan pangan nasional yang memberi dukungan terhadap pasokan rantai makanan seperti melalui penyediaan peralatan mesin pertanian, dan peningkatan produktivitas lahan.

Kegiatan bertempat di Kampung Colobong, Desa Parakan Lima, Kecamatan Jatiluhu, Kabupaten Purwakarta, Selasa 19 Desember 2023.

Hadir dalam kegiatan penanaman jagung dalam rangka ketahanan pangan,Letkol Arm Andi Achmad Afandi, S. Sos., M.Si, (Dandim 0619/Pwk), Kapten Arm Deni Kristian (Danramil 1905/Jt)l, Kapten Inf Eryk Faisal, (Pasiter Kodim 0619/Pwk), Kapten Arm Bambang Priambodo.

Selanjutnya (Pasi Inteldim 0619/Pwk), Yus Junaedi, SSTP, M.Si,(Kepala Kesbangpol), Aipda Eko Murwanto (Panit Yanmin Intelkam Polsek Jatiluhur),Bapak Tatang (Kabid Tanaman Pangan), Ibu Sri (Kasi Pembangunan Kantor Kecamatan Jatiluhur), Jaya Permana (Kades Parakan Lima), Ustad Jamal (Pimpinan Ponpes khilapatul Muslimin).

Kemudian Tim Wasev bidang ketahanan pangan, Kolonel Inf Beni Suharto (Irutben Itdam III/Slw), Mayor Inf Totok Tri Harsono (Pabandya Anev Srendam III/Slw), Mayor Arm Kasudiono (Pabanda Wanwil Sterdam III/Slw).

Dandim 0619/Pwk Letkol Arm Andi Achmad Afandi, S. Sos., M.Si mengatakan, bahwa pada hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun Bela Negara. Dan pada hari ini juga di Ponpes Khilapatul Muslimin, dilaksanakan penanaman jagung.

“Pada saat musim kemarau dengan kondisi cuaca yang panas dan sumber air yang kurang memadai maka, hasil produksi tidak maksimal”, ujarnya.

Lanjut,dijelaskan Andi, sesuai program dari Presiden Republik Indonesia Bpk Jokowi, mengenai program ketahanan pangan yang didukung oleh para Kas Angkatan dan ditindaklanjuti oleh kita.

“Kondisi pangan yang kritis ini bahkan dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas nasional”, jelas Andi.

Sementara Irutben Itdam III/Slw Kolonel Inf Beni Suharto,menjelaskan,bahwa Alhandulillah, kita hadir hari ini dalam acara penanaman jagung yang dilaksanakan oleh Kodim 0619/Pwk. Kami dari Kodam III Siliwangi selaku inpektorat tidak bisa bekerja sendiri, perlu bantuan dan dukungan dari masyarakat.

“Diharapkan penanaman jagung ini bisa menghasilkan hasil yang maksimal untuk para petani yang menggarap tanaman ini. Silahkan bisa dikembangkan sesuai ilmunya masing-masing seperti tanaman tumpang sari jagung, mau diselingi tanaman apa yang cocok agar selain jagung kita pun dapat hasil dari tanaman tumpang sari”, harap Kol Inf Beni Suharto.

Lebih lanjut dikatakan Kol Inf Beni Suharta, bahwa struktur tanah lahan di sini lumayan bagus, karena adanya sumber air yang dapat mengairi tanaman ini setiap saat. Ketahanan pangan merupakan ketahanan bangsa, jadi menanam ini jangn asal menanam tetapi harus dirawat diberi pupuk agar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Untuk kedepannya para Babinsa diberikan pelatihan tentang pertanian agar bisa membantu masyarakat dalam mengelola lahan pertanian.Kami memberikan bantuan untuk hanpangan berupa Pupuk, selang, toren dan bibit”, pungkas Irutben Itdam III/Slw. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button