KODAM III/SLW-MABES TNI

Satgas Yonarmed 5/Pancagiri Bantu Pulangkan Pekerja Migran

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Kabupaten Sumedang Jawa Barat kembali dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur di Sektor Pos Bahsiuk Satgaspamtas Yonarmed 5/Pancagiri Desa Long Layu Kecamatan Krayan Selatan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Yonarmed 5/Pancagiri Letkol Arm Yan Octa Rombenanta, S.Sos., melalui saluran telepon seluler, Senin 15 Mei 2023.

Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berjumlah 10 orang tersebut, semuanya laki – laki pada Kamis (11/05/2023) tiba di Desa Long layu Kecamatan Krayan Selatan Kabupaten Malinau selanjutnya dibawa ke Pos Bahsiuk untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan serta kelengkapan dokumen dan barang bawaan.

Hasil pemeriksaan diketahui bahwa dokumen berupa pasport PMI ditahan pihak perusahaan yang mempekerjakan.

Sebelumnya mereka masuk ke Malaysia melalui PLBN Aruk Sambas Kecamatan Sanjingan Besar Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat dengan menggunakan paspor pelancong.

Kesepuluh orang PMI tersebut kembali ke Indonesia dikarenakan pekerjaan dan upah yang diterima tidak sesuai dengan kesepakatan yang dibuat sebelum berangkat menjadi tenaga kerja.

“Satgaspamtas Yonarmed 5 membantu memenuhi kebutuhan dan memfasilitasi kepulangan Pekerja Migran Indonesia sampai ke Tarakan untuk dilanjutkan naik Kapal Laut menuju ke Pulau Jawa. Diharapkan para pekerja migran dapat segera tiba di kampung halaman bertemu dengan saudara dan keluarganya”, pungkas Dansatgas.

Bapak YM (53) sebagai pimpinan rombongan menyampaikan banyak terimakasih kepada Personil Satgas Pamtas Yonarmed 5/Pancagiri khususnya pada Danpos Bahsiuk Lettu Arm Arnas yang langsung turun tangan bersama anggota pos membantu dan peduli memberikan makan, tempat istirahat, Sampai dengan menfasilitasi kepulangan mereka. (Pendam III/Siliwangi, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button