Tak Berkategori

Sekretaris EXCO Cirebon Acep Sobarudin, Buruh Sampaikan 6 Tuntutan Dalam Aksi May Day Di Jakarta.


Jakarta,suaraindependentnews.id | Demo Buruh hari ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Buruh 1 Mei 2023. Peringatan tahunan ini seperti biasanya diisi dengan aksi atau demo massa buruh yang turun ke jalan untuk menyampaikan sejumlah tuntutan terkait kesejahteraan pekerja.

Demo Buruh 1 Mei 2023 berlokasi di sejumlah titik di Indonesia, salah satunya di Jakarta.

Tak hanya di Jakarta, peringatan May Day itu juga dilakukan serentak di berbagai kota di seluruh Indonesia. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal melalui Sekretaris EXCO Cirebon, Acep Sobarudin mengatakan bahwa sebanyak 50 ribu buruh mengikuti aksi May Day pada aksi 1 Mei 2023 ini.

“Ada 6 (enam) tuntutan dalam aksi May Day 2023 yang disampaikan,” kata Said Iqbal melalui Acep Sobarudin yang juga Ketua DPC Partai Buruh Kabupaten Cirebon melalui celulernya, Senin (1/5)2023).

Adapum 6 (enam) tuntutan tersebut adalah:
1. Cabut Omnibus Law UU No 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja
2. Cabut Parliamentary Threshold 4 % dan Presidential Threshold 20%
3. Reformasi Agraria dan Kedaulatan Pangan (Anti Impor)
4. Sahkan RUU PPRT dan hapus outSoucing tolak upah murah
5. Tolak RUU Kesehatan
6. Pilih Capres 2024 yang Pro Buruh dan Kelas Pekerja.

Masih menurut Acep Sobarudin, berikut beberapa titik demo Buruh/May Day pada 1 Mei 2023 di Jakarta:
1. Istana Negara, Jakarta Pusat,
2. Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
3. Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Aksi Hari Buruh atau May Day juga akan dilakukan secara serempak di 38 provinsi. Untuk aksi di Jakarta, Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan aksi buruh 1 Mei 2023 di Jakarta dimulai pukul 09.30 WIB dan dihadiri 50 ribu orang.

Sesudah aksi di depan Istana Negara dan Gedung MK, para peserta aksi akan akan bergerak menuju Istora Senayan pada pukul 13.00 WIB. Di Istora Senayan, akan ada May Day Fiesta yang diisi oleh berbagai orasi dari serikat Buruh, jelas Acep Sobarudin.

Selain itu, Acep Sobarudin juga menyampaikan bahwa informasi yang didapat dari Said Iqbal, pada May Day Fiesta nanti, akan ada Calon Presiden (Capres) bersama para Buruh.

“Di Istora Senayan akan dilakukan May Day Fiesta. Akan dilakukan dari jam 13.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. May Day Fiesta akan diisi pidato dan orasi dari Pimpinan Buruh.

Ada kemungkinan juga ucapan Hari Buruh Internasional dari Capres yang sudah diputuskan dalam Rakernas Partai Buruh. Ini yang lami sampaikan hasil dari Rakernas ya, belum Keputusan Partai Buruh,” pungkas Acep Sobarudin yang berangkat bersama rombongan Buruh dari Cirebon Raya pada Minggu malam Senin pukul 00⁰⁰Wib. (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button