PEMERINTAH KABUPATEN NIAS BARAT

Sukses Tampil Di Istana  Merdeka Jakarta, Bupati Nias Barat Mengapresiasi

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Kabupaten Nias Barat menggelar ibadah syukuran atas keberhasilan Kontingen Tari Bumi Aekhula yang tampil gemilang di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus 2023. Acara syukuran ini berlangsung dengan khidmat di halaman Kantor Bupati Nias Barat. (25/8/2023)

Sebelumnya kontingen dari Nias Barat tiba kembali di Kabupaten Nias Barat secara bertahap sejak 21 hingga 23 Agustus dalam keadaan selamat dan sehat setelah memukau penonton di Istana Merdeka. Kegiatan syukuran dimulai dari iring-iringan kontingen Nias Barat yang bertolak dari kantor Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga menuju halaman Kantor Bupati, dimana kontingen disambut dengan pemberian bunga tangan kepada Ibu April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si, dan Ibu Nelly Marinda Situmorang selaku koordinator dan wakil koordinator kontingen. Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan tari kolosal “Bumi Aekhula” yang dibawakan kembali oleh kontingen Nias Barat. Mengukuhkan rasa syukur atas prestasi yang telah diraih oleh kontingen Kesenian Tari Bumi Aekhula, Ibadah dan doa bersama turut dilaksanakan dengan penuh khidmat.

Dalam laporan kegiatannya, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kab. Nias Barat April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kontingen kesenian tari Bumi Aekhula telah sukses dalam memenuhi misi undangan Sekretariat Presiden untuk tampil pada Pagelaran Kesenian Daerah dalam Rangka HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 di Istana Merdeka Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kab. Nias Barat menambahkan bahwa seluruh peserta tampil dengan mengenakan pakaian dan atribut khas Kabupaten Nias Barat.

Para penari perempuan memakai kostum Pakaian Adat beserta kelengkapannya, sedangkan para penari pria mengenakan kostum khusus penari Baluse yang meliputi Rompi berornamen khas Nias, beserta seluruh properti seperti Baluse, Toho, dan Gari. Pasca penampilan kontingen Nias Barat mendapatkan apresiasi yang luar biasa baik melalui media sosial maupun secara langsung. Penampilan kontingen Nias Barat menjadi sorotan utama dan viral di berbagai platform media sosial. Berbagai media televisi, media online nasional, dan media cetak turut meliput berita terkait penampilan Tari Bumi Aekhula.

Dalam arahan dan bimbingannya Bupati Nias Barat menyampaikan apresiasi atas kerja keras Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kab. Nias Barat yang terus berinovasi dalam mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Nias Barat di sektor pariwisata, kebudayaan, kepemudaan, dan olahraga.

Bupati juga mengingatkan bahwa di tahun ini banyak event besar yang telah berhasil dilaksanakan diantaranya event Open Turnamen Sepak Bola Bupati Nias Barat Cup yang akan mencapai puncaknya pada 3 September 2023, serta keikutsertaan pada Pekan Raya Sumatera Utara ke-49 yang telah sukses dilaksanakan di Medan, dan acara penampilan Pagelaran Kesenian Tari Bumi Aekhula pada tanggal 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka Jakarta.

Bupati Nias Barat juga mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada Garuda Indonesia sebagai sponsor utama Kontingen Nias Barat. Ikatan dengan Garuda Indonesia diharapkan akan terus berlanjut terutama dalam bidang peningkatan kualitas pendidikan. Tidak ketinggalan juga ucapan terima kasih disampaikan Bupati Nias Barat kepada sponsor dan pendukung lainnya. Arahan dan bimbingan diakhiri secara simbolis dengan pemberian piagam penghargaan kepada Kontingen Nias Barat.

Rangkaian kegiatan Pagelaran Kesenian dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun ini telah memberikan kesempatan bagi Kabupaten Nias Barat untuk memperkenalkan kekayaan kesenian dan kebudayaan daerah kepada dunia serta hadirin yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan syukuran ini dihadiri Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, Danrem 023/KS Kolonel Inf. Lukman Hakim, Dandim 0231 Nias Letkol Inf. Torang Parulian Malau, Mantan Bupati Nias Barat periode 2016-2021  Faduhusi Daeli, Mantan Sekda Zemi Gulo, Ketua DPRD Nias Barat, Ibu Nelly Marinda Situmorang, Ketua TP.PKK Nias Barat, Ketua DWP Nias Barat, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten, para Kabag, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda Nias Barat, serta orangtua peserta kontingen.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button