Komisi pemilihan umumTak Berkategori

Ambil Sumpah Jabatan, 8 PKD Kec. Gunung Talang Dilantik, Betmil Yonika ; Kedepankan Integritas Dan Etika Penyelenggara

 

Pengambilan sumpah, janji jabatan 8 orang anggota PKD Kecamatan Gunung Talang oleh Ketua Panwascam Gunung Talang, Betmil Yonika, Minggu (5/2)

Minggu 5 Februari 2023 

Gunung Talang, Suaraindependent.id — Dalam rangka menyongsong Pemilu serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Solok mulai melengkapi struktural lembaganya. Mulai dari perekrutan Pengawas Kecamatan (Panwascam), sampai ke Pengawas Kelurahan/ Desa/ Nagari (PKD) se Kabupaten Solok sudah terlengkapi.

Pelantikan PKD di seluruh Kabupaten Solok terus bergulir. Tidak jauh berbeda di Kecamatan Gunung Talang, bertempat di Gedung K3S Nagari Koto Gadang Guguk, Ketua Panwascam Gunung Talang, Betmil Yonika melantik serta mengambil sumpah, janji jabatan terhadap 8 orang anggota PKD, atau 1 orang per Nagari yang ada di Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Minggu (5/2).

Usai menggelar pelantikan, Betmil Yonika selaku Divisi SDM, Organisasi, Informasi dan Data memaparkan tugas dan wewenangnya seorang PKD. Selain itu ia juga mengajak seluruh anggota PKD yang dilantik untuk mengedepankan Integritas dan Etika Penyelenggara Pemilu.

“Dalam mengawal proses tahapan Pemilu serentak tahun 2024, sebagai seorang petugas PKD, kita harus memiliki integritas yang tinggi dan selalu mengedepankan aspek kehormatan dan etika seorang penyelenggara”

 

Sebagai penyelenggara pemilu, hendaknya PKD tetap menjunjung tinggi azas penyelenggara Pemilu yang jujur, adil, mandiri, berkepastian hukum, akuntabel, efektif, tertib, terbuka, proporsional, dan profesional serta efisien

Seluruh azas penyelenggaraan Pemilu tersebut harus melekat kepada jiwa PKD dalam mengawal proses demokrasi di Negara Indonesia ini,” ucap Betmil.

Kita ketahui bersama, Pemilu Serentak tahun 2024 banyak sekali tahapan-tahapan yang beririsan, seperti Pemutakhiran Data pemilih dan Verifikasi Faktual yang merupakan syarat dukungan untuk seorang calon anggota DPD RI

Kita tegaskan, jangan ada anggota PKD yang neko-neko dalam menjalankan tugasnya nanti”

Sambung Ketua Panwascam, kita adalah ujung tombak pengawasan pemilu di tingkat Nagari, kedepannya tugas PKD cukup berat. Namun kita bersama Komisioner lainnya akan selalu membina PKD, sehingga menjadi pengawas yang berkualitas dan profesional, terang Betmil Yonika.

 

8 orang Pengawas/ Desa atau pengawas Nagari yang dilantik tersebut adalah ; Ricky Trio putra -Nagari Air Batumbuk, Febrianto dari Nagari Batang Barus,  Yosep Indra dari Nagari Koto Gaek Guguk, Robbi Edward dari Nagari Koto Gadang Guguk, Nike Rahma dari Nagari Jawi Jawi Guguk, Nia Novitasari dari Nagari Sungai Jernih, Defit dari Nagari Talang, Ilham Ramadhani dari Nagari Cupak.

Turut hadir Komisioner lainnya, David Saputra,  Divisi Hukum Pencegahan Parmas dan Humas (HPP), dan Rozi Trio Viska, Divisi Penindakan Penanganan Pelanggaran Sengketa (P3S)

Selain itu, pelantikan PKD ini juga dihadiri oleh Camat Gunung Talang yang diwakili oleh Sekcam Darlisno, Kapolsek Gunung Talang diwakili oleh Kanit Intel Asril, Danramil 09 Gunung Talang diwakili oleh Sarman. Sementara dari PPK Kecamatan Gunung Talang di hadiri oleh Tommy selaki Ketua PPK, serta Walinagari se Kecamatan Gunung Talang. (Billy@nsi-id)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button