PEMERINTAH KABUPATEN NIAS BARAT

Bupati Nias Barat Kukuhkan 36 Anggota Paskibraka Tahun 2023

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Nias Barat resmi dikukuhkan oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, bertempat  di Aula Soguna ba Zato, Onolimbu-Lahomi, Kabupaten Nias Barat

Senin (14/8/2023) sore

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu dalam arahan dan bimbingannya mengatakan bahwa, setelah mengikuti latihan selama dua Minggu, sejak 01 Agustus 2023,  sebanyak 36 anggota Paskibraka yang dikukuhkan wajib bersyukur karena telah terpilih untuk menjalankan tugas mulia mengibarkan dan menurunkan duplikat Bendera Merah Putih pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ia meminta kepada para anggota Paskibraka yang terlibat pada pengibaran dan penurunan duplikat Bendera Merah Putih, dapat memaknainya sebagai proses transfer historis dan nasionalisme generasi muda sebagai penerus perjuangan para pendiri bangsa.

“Melalui transfer aspek historis, anggota Paskibraka mendapatkan nilai yang terkandung dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dan menegakkan Sang Merah Putih sebagai identitas bangsa yang merdeka,” ungkap Bupati Khenoki Waruwu

Sementara, lanjutnya, melalui transfer aspek nasionalisme, Paskibraka dituntut untuk mampu menghayati bahwa Sang Merah Putih tidak hanya dimaknai sebagai simbol bangsa yang merdeka, tetapi dimaknai sebagai perekat berbagai suku bangsa, agama, ras maupun budaya. Sehingga, seluruh masyarakat Indonesia merasa memiliki satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.

Sebelum mengakhiri arahannya, Bupati Khenoki Waruwu berpesan agar anggota Paskibraka memiliki kemampuan layaknya pisau bermata dua, memiliki dua sisi dan dua ketajaman yang sama, yaitu haru memiliki kemampuan menjalankan tugas mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih dengan sempurna. Sementara, di sisi yang lain, harus memiliki kemampuan yang tajam, karatker yang positif dan pribadi yang tangguh sebagai pemuda yang berprestasi dan bermanfaat bagi lingkungan, keluarga dan masyarakat.

Selain itu, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu juga mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada para pelatih yang telah melakukan pendampingan dan latihan bagi para Paskiraka sehingga dapat dikukuhkan pada hari ini.

Pengukuhan anggota Paskibraka turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat, Sozisokhi Hia, SH., M.M., Asisten Setda, Kepala OPD, pelatih dan para orang tua anggota Paskibraka. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button