PEMERINTAH KABUPATEN NIAS BARAT

Bupati Nias Barat: Meningkatkan Kompetensi Para Guru agar Lebih Profesional, Kompetitif, Inovatif Dalam Mendidik

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Guru Mata Pelajaran tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Nias Barat yang dilaksanakan di Aula SMP Negeri 2 Lahomi, Selasa (13/6).

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Guru Mata Pelajaran tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Nias Barat yang dilaksanakan di Aula SMP Negeri 2 Lahomi, pada hari Selasa (13/62023).

Pelatihan Guru Mata Pelajaran tingkat SMP tersebut, dilaksanakan selama 6 (enam) hari, mulai 12 Juni hingga 17 Juni 2023 dan diikuti oleh Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika dengan Narasumber Arsenal M.T dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumatera Utara dan Normaliyah, M.Psi, Fasilitator Sekolah Penggerak.

Dalam sambutannya Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu mengatakan bahwa Pelatihan Guru Mata Pelajaran tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Nias Barat melalaui Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kompetensi para Guru agar lebih profesional, kompetitif, inovatif dalam mendidik dan membekali para siswa dengan ilmu pengetahuan dan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ia mengatakan bahwa kompetensi dan profesionalisme guru dalam mengajar memiliki peranan pentik dalam  mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, sesuai Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, diperlukan guru-guru yang memiliki kompetensi dan profesional dalam mendidik dan membekali para siswa dengan ilmu pengetahuan sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, serta diharapkan bisa memotivasi peserta didik untuk membangun karakter positif yang sesuai dengan kepribadian masing-masing,” ujar Bupati Nias

Menyadari pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan yang berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta kepribadian yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, maka pemerintah Kabupaten Nias Barat menempatkan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan sebagai salah satu program unggulan pada RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026.

“Pelatihan Guru Mata Pelajaran merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Nias Barat melalaui Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kompetensi para Guru agar lebih profesional, kompetitif, inovatif dalam mendidik dan membekali para siswa dengan ilmu pengetahuan dan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelas Bupati Khenoki Waruwu.

Bupati Nias Barat berharap supaya para peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk menyerap materi dan informasi yang disampaikan oleh Narasumber, sehingga sekembalinya di sekolah tempatnya mengajar, sudah memiliki ilmu dan pengalaman baru untuk mengembangkan kompetensi yang lebih baik dari sebelumnya.

Acara pembukaan Pelatihan Guru Mata Pelajaran tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat, Hadrianus Hia, S.Pd., MM., Sekretaris dan seluruh Kepala Bidang pada Dinas Pendidikan, Kepala Bagian Keprotokolan dan Komunikasi Pimpian Setda Kabupaten Nias Barat, Koordinator Pengawas dan para Kepala SMP. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button