KODIM 0612/TSM KOREM 062/TN

Dandim 0612/Tsm Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata Melaksanakan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Tahun 2023

KODIM 0612/TSM-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Bertempat di Aula Desa Karya Bakti Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Tahun 2023 Tingkat Kodim 0612/Tasikmalaya dengan tema “Bersama TNI Tanggap Bencana” diikuti lk 150 orang pada hari Selasa 12 September 2023.

Pada kegiatan tersebut hadir diantaranya, Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya H.Endang Syahrudin, S.T, M.M., Camat Parungponteng Budi., Ps Danramil 1216/Cibalong Kapten Chb Agus Rahmat., Pasiter Kodim 0612/Tsm Lettu Caj Yedi., Kapolsek Parungponteng Ipda Yadin Aryadin., Kepala Desa Karya Bakti Entis Sutisna., Para peserta dan undangan lainnya.

“Ini suatu kehormatan kepada kami dengan diadakan kegiatan ini di wilayah kecamatan parungponteng. Kami berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penanggulangan bencana. Warga yang ikut dalam kegiatan ini harus bisa menyerap ilmu pengetahuan tentang penanggulangan bencana sehingga apabila terjadi bencana bisa melakukan penanggulangan awal secara mandiri”, ujar camat Parungponteng Budi.

“Saat ini kita akan bersama-sama melakukan pembinaan dan sosialiasi kepada masyarakat yang hadir untuk bisa tanggap dengan penanggulangan bencana. Apabila kita dihadapi oleh suatu bencana kita masing-masing harus saling ikhlas dalam membantu yang kena bencana. Tugas adalah memperkecil dari dampak bencana dan memperkecil penyebab bencana. Indeks kemampuan BPBD masih jauh dari seharusnya dalam menanggulangi bencana, sehingga dibutuhkan peran serta dari kita semua agar dampak dari bencana bisa diatasi. Ketika masyarakat hanya mengandalkan BPBD dalam menanggulangi bencana maka hal tersebut akan lambat dalam penanganannya. Perlu peran aktif dari semua kalangan masyarakat sehingga penanggulangan bencana ini adalah tanggungjawab kita bersama”, kata kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya H.Endang Syahrudin, S.T, M.M.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0612/Tasikmalaya menyampaikan, “Masyarakat harus mengerti dan terlatih dalam menangani awal bencana secara mandiri sebelum datang bantuan BPBD. Masyarakat bersama pemerintah harus saling bahu membahu dalam mempersiapkan daerahnya apabila terjadi bencana alam. Pengetahuan tentang bencana harus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat sehingga masyarakat bisa tanggap dalam mencegah dan menanggulangi bencana.
Kodim 0612/Tasikmalaya melakukan sosialisasikan dan pembinaan kepada masyarakat agar bisa tanggap terhadap bencana dan mampu secara mandiri dalam mengatasi bencana awal diwilayahnya”, tutur Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata S.IP.

“Kegiatan Pembinaan masyarakat tanggap bencana tahun 2023 adalah program dari Kodim 0612/Tasikmalaya yang dilaksanakan di wilayah Koramil 1216/Cibalong bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam rangka mengantisipasi, mengurangi dan mencegah dampak yang timbul akibat terjadinya bencana di lingkungan masyarakat”, papar Dandim.

“Dalam menanggulangi bencana perlu keterlibatan, peran serta partisipasi dari masyarakat, melalui kegiatan ini bisa memberikan gambaran tindakan mengantisipasi ketika akan terjadi bencana dan mengetahui tindakan apa saja yang harus dilakukan ketika pada saat terjadi bencana dan pasca bencana”, ungkap Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata.

“Tetap perlunya sinergis antara Kodim 0612/Tsm dan masyarakat serta dengan stakeholder lainnya dalam mensosialisasikan dan mempraktekan penanggulangan bencana apabila terjadi di wilayah sektor tugas masing-masing”, pungkas Dandim 0612/Tsm Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.IP. (Pendim 0612/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button