KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna Hadiri Pembukaan TMMD Ke 118 TA 2023 Kodim 0613/Cms

KODIM 0613/CMS-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S. Sos., S.I.P., M.M., M.Han., menghadiri pembukaan kegiatan TMMD ke 118 TA 2023, bertempat di Desa Kadupundak Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Rabu 20 September 2023.

kegiatan di awali paparan kegiatan pelaksanaan TMMD oleh Dandim 0613/Cms Letkol Inf Alfiyan Arisandi Memaparkan maksud dan tujuan dilaksanakannya TMMD kali ini adalah untuk memberikan gambaran tentang rencana pelaksanaan TMMD ke 118 TA 2023 di wilayah Kodim 0613/Cms yang bertujuan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan TMMD dimulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran. Tema TMMD kali ini “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

“Kegiatan TMMD ke 118 ini terdiri dari dua sasaran yaitu sasaran fisik dan non-fisik dimana sasaran fisik terdiri dari sasaran pokok diantaranya : rabat beton jalan 1 dan 2, pengaspalan jalan, pekerjaan irigasi dan Dam, pembuatan sumur bor, pekerjaan MCK, sasaran tambahan antara lain pembangunan tembok penahan tanah, pekerjaan plat beton, dan rutilahu sebanyak 5 rumah. Sedangkan untuk sasaran non fisik diisi dengan penyuluhan-penyuluhan diantaranya : penyuluhan nela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pendidikan, pembekalan pertanian, sosialisasi hukum pidana dan perdata, narkoba dan perjudian, pelayanan sidang isbat nikah, peternakan dan perikanan, penyuluhan lingkungan hidup, serta penyuluhan-penyuluhan lainnya yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat sekitar”, paparnya.

Kegiatan dilanjutkan upacara pembukaan TMMD ke 118 TA. 2023. Bertindak sebagai Irup Wakil Bupati Kabupaten Ciamis Yana D. Putra, yang dalam sambutannya menyampaikan “Bahwa kegiatan TMMD merupakan kegiatan kolaborasi bersama antara pemerintah daerah dengan TNI dan juga dengan unsur-unsur lainnya yang bertujuan untuk memacu pemerintahan daerah dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesehatan masyarakat dalam memantapkan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh. Kegiatan TMMD ini juga merupakan upaya untuk mensejahterakan masyarakat dan memberikan motivasi sekaligus stimulan kepada masyarakat dengan cara pengukuhan kesadaran kepada seluruh warga untuk mempertahankan dan meningkatkan semangat gotong royong serta mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya lokal yang dimiliki”, ujarnya.

Di tempat lain Danrem 062/Tn menegaskan kegiatan TMMD ini diselenggarakan di seluruh Kodim-kodim yang ada di Angkatan Darat secara bergantian dan Kodam III/Slw di selenggarakan di Kodim 0613/Cms yakni di Desa Kadupandak Ciamis dengan dua sasaran yaitu sasaran fisik dan non fisik yang mudah-mudahan dengan adanya kegiatan TMMD ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di desa-desa, seperti jalan yang dapat menghubungkan dari satu desa ke desa lainnya bisa mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat sehingga mudah-mudahan masyarakat menjadi lebih sejahtera, karena TNI AD menjadi solusi di wilayah dari permasalahan-permasalahan yang ada bisa diselesaikan bersama-sama, secara sinergi, berkolaborasi baik pemerintah daerah, kepolisian, dan semua stakeholder yang ada di wilayah.

“Mudah-mudahan kita semua bisa terus kompak, solid sehingga tujuan kita untuk mensejahterakan masyarakat bisa tercapai sesuai dengan yang kita harapkan, dengan bergotong-royong yang merupakan ciri khas masyarakat kita serta semuanya bisa merasa saling memiliki, menjaga dan merawatnya agar hasil yang didapat bisa berkepanjangan digunakan oleh masyarakat”, tegasnya.

Kegiatan di akhiri dengan pemberian bantuan pembangunan dari Pemprov Jabar ke Pemkab Ciamis, Pemberian benih ikan sebanyak 10 ribu bibit dari Dinas Peternakan dan perikanan Kabupaten Ciamis kepada Pemdes Kadupandak, penaburan bibit ikan di Cekdam Kadupandak, peninjauan UMKM dan pembuatan rabat beton serta pembagian bantuan sosial secara simbolis kepada masyarakat sekitar Desa Kadupandak.

Hadir dalam kegiatan antara lain, LO Kodam III/Slw Kolonel Marinir Bob Tamara Panggar Besi, S.IP., Para Dandim jajaran Korem 062/Tn., Dan Denhub Rem 062/Tn Letkol Chb Yohanes Widhi Eko, C.P., Dandenkesyah Garut Letkol CKM Suparman, S.Sos.,S.Pol.,M.M.Kes., Danyonif 323/BP diwakili Wadanyon 323/BP Mayor Inf Firman Permana., Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, S.H.,S.IK.,M.T., Dansubdenpom III/2-3 Kapten Cpm Cecep Drajat Mulyadi., Kajari Ciamis diwakil Jaksa Muda Hendi Rohendi, SH., Para Kadis dan Kabid Pemkab Ciamis., Para peserta upacara dan tamu undangan lainnya. (Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button