TADARRUS ALQURAN

Gelar Pawai Obor, Pondok Al-Qur’an At-Tauhid Guguk Sambut Idul Adha Dengan Berkeliling Kampung

Sambut hari raya Idul Adha, Pondok Al-Qur’an At-Tauhid Pasar Baru Nagari Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok gelar pesta obor

Jumat, 8 Juli 2022

Kab Solok, Suaraindependent.id-— Sambut hari raya Idul Adha, Pondok Al-Qur’an At-Tauhid Pasar Baru Nagari Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok gelar pesta obor bersama masyarakat.

Suara takbir bergema disepanjang penjuru Nagari Guguk, masyarakat sambut meriah peringatan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada hari Sabtu 9 Juli 2022 Masehi dengan menggelar takbir keliling.

Seribuan lebih cahaya obor menerangi perjalanan para santri dan santriwati Pondok Alquran At-Tauhid Mushalla Al-Ikhlas Nagari Koto Gadang Guguk mengitari Nagari sambil mengumandangkan suara takbir.

Tidak saja para santri, animo dari masyarakat Nagari pun terlihat begitu tinggi, Orang tua serta Wali Murid juga ikut mendampingi anaknya dalam memeriahkan penyambutan hari besar Islam tersebut.

Wali Nagari Koto Gadang Guguk Yulianir, S.Pd, ikut serta memeriahkan pesta obor

Pengurus Pondok Al-Qur’an At-Tauhid Mushalla Al-Ikhlas, Ramadani yang didampingi Kepala Pondok Taufik Hidayat mengatakan, pawai obor keliling di Nagari Koto Gadang Guguk ini merupakan kegiatan yang akan rutin dilaksanakan oleh Pondok Al-Qur’an At-Tauhid dalam menyambut peringatan hari besar Islam seperti Idul Adha.

Disampaikannya, setelah melaksanakan pawai obor keliling, Pondok Al-Qur’an At-Tauhid juga menggelar pementasan anak / lomba takbir di Mushalla Al-Ikhlas yang diikuti oleh sepuluh kelompok takbiran dengan masing-masing kelompok dipandu oleh satu orang imam takbir.

“Pelaksanaan pawai obor keliling serta pementasan anak / lomba takbir di ikuti oleh dua Mushalla yang berada dibawah bimbingan Pondok Al-Qur’an At-Tauhid dinagari Koto Gadang Guguk, yaitu Mushalla Al-Ikhlas Jorong Pasar Baru dan Mushalla Surau Baru Jorong Simpang,” ujar Dani.

Walinagari Koto Gadang Guguk Yulianir, S.Pd, memberikan apresiasi yang begitu tinggi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus Pondok Al-Qur’an At-Tauhid dalam menyambut datangnya hari raya Idul Adha.

Dikatakannya, sebelum Pemerintahan Nagari memikirkan, Pondok Al-Qur’an At-Tauhid sudah melakukan apa yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat dalam menyambut peringatan hari besar Islam.

 

“Ini sangat luar biasa sekali, selaku Penjabat Walinagari, saya akan selalu dukung setiap kegiatan positif dari masyarakat apalagi yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan,” ucap Yulianir.

Rasa bangga atas apa yang telah dilakukan oleh masyarakatnya tidak bisa disembunyikan Yulianir, terlihat jelas dari wajahnya semangat untuk membangun nagari semakin menggebu.

Dengan dikumandangkan suara takbir berkeliling, Yulianir yakin bahwasanya Nagari Koto Gadang Guguk akan mendapatkan sebuah rahmat yang besar dari Allah. SWT dan kedepannya Nagari Koto Gadang Guguk akan lebih baik lagi.

Menurut Yulianir, untuk baiknya nagari kedepan, terlebih dahulu masyarakat harus membaikkan sisi agamanya dengan mengisi dan melakukan kegiatan-kegiatan positif dinagari.

Mengagumkan sekali, ini baru pertamakali takbir keliling terbesar yang pernah digelar di Nagari Koto Gadang Guguk, Saya bangga dengan masyarakat Saya, khususnya Pondok Al-Qur’an At-Tauhid,” ungkapnya.

Sebagai Penjabat Walinagari Yulianir berharap, bahwa kegiatan yang sudah dilakukan oleh Pondok Al-Qur’an At-Tauhid akan bisa berlanjut untuk masa yang akan datang dan menjadi contoh bagi daerah lain dalam menyambut datangnya hari besar Islam.

Selain itu, Yulianir juga mengajak seluruh masyarakat Nagari Koto Gadang Guguk untuk selalu bergandengan tangan dalam sebuah kebersamaan dalam membangun nagari.

Ditempat yang sama Ketua Majelis Ulama Nagari (MUN) Koto Gadang Guguk Yumasril menyampaikan, bahwa untuk peringatan hari raya Idul Adha 1443 H jatuh pada hari Sabtu 9 Juli 2022. Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha, Nagari Koto Gadang Guguk melaksanakan shalat Ied bersama di Masjid Raya Koto Gadang Guguk. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button