PARIWISATA

Geopark Singkarak-Danau Kembar Destinasi Wisata Unggulan Kab Solok

18 NOVEMBER 2021

Kab Solok, Suaraindependent— Untuk meningkatkan PAD Pemkab Solok, perlu dilakukan beberapa terobosan diberbagai bidang, salah satunya dibidang pariwisata. Destinasi wisata saat ini merupakan prospek yang begitu menggiurkan dalam mendongkrak peningkatan pemasukan bagi kas daerah.

Di Kab Solok banyak sekali terdapat tempat-tempat wisata yang cantik,dari sekian banyak tempat wisata, ada beberapa lokasi wisata yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah, sehingga termpatl tersebut juga menjadi prospek tinggi untuk di kunjungi oleh para wisatawan dalam Negeri maupun Manca Negara. Salah satu dari wisata tersebut adalah Geopark Singkarak dan Danau Kembar.

Baru baru ini, Pemporv Sumbar mengadakan ivent Destinasi Wisata Unggulan (DWU) tingkat Sumatera Barat, setelah melewati proses penilaian yang ketat, Geopark Singkarak-Danau Kembar akhirnya terpilih menjadi DWU nomor 1 di Sumatera Barat. Wisata unggulan di Kabupaten Solok tersebut berhasil mengalahkan 4 DWU dari daerah lain di Sumatera Barat.

Tim penilai Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU), di bawah payung Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, melakukan penilaian kepada beberapa objek wisata unggulan yang tersebar di seluruh Sumatera Barat.

Penilaian juga dilakukan beberapa Kabupaten dan Kota diantaranya Ngarai Sianok, Kawasan Harau, Danau Maninjau, Tarusan Kamang, Ngalau Pangian Lintau Buo, Danau Singkarak, Danau Diatas dan Danau Dibawah, Kawasan Silokek, Tambang Batu Bara Sawah Lunto, Goa Batu Kapa, Gunuang Talamau, Rimbo Panti dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Nasripul Romika mewakili Bupati Solok dalam penerimaan penghargaan tersebut. Dia mengungkapkan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras dari aparatur Dinas Pariwisata dan dukungan dari SKPD terkait, dan yang paling utama adalah dukungan kuat dari masyarakat Kabupaten Solok menjadikan wisata Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat yang seirama dengan program unggulan Bupati Solok dalam memajukan sektor Kepariwisataan.

Alhamdulillah, wisata unggulan kita mendapatkan rangking terbaik dan menjadi nomor 1 di Sumatera Barat. Semoga Geopark Singkarak-Danau Kembar menjadi warisan budaya Nasional yang terdaftar di UNESCO, “ terang Nasripul.

Malam puncak penghargaan sektor Kepariwisataan tersebut diserahkan oleh Staf Ahli Gubernur. Kabupaten Solok berhasil meraih nilai tertinggi dalam kategori DTWU Sumatera Barat tahun 2021. Tim penilai yang terdiri dari akademisi,penggiat wisata dan Asosiasi Pariwisata serta Dinas terkait menetapkan Geopark Singkarak – Danau Kembar  sebagai juara pertama pada Festival CHSE 2021 di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Rabu 17 November 2021.

Sebelumnya,tahapan penilaian DTWU ini sudah dimulai dari beberapa waktu yang lalu oleh tim ahli yg diketuai oleh Prof. Anso fino. Dalam penilaian terakhir, tim menetapkan 3 objek DTWU sebagai nominasi  yang menjadi juara. Diantaranya Geopark Singkarak – Danau Kembar, Istana Pagaruyung dan Gunung Padang.

Dan dari penilaian akhir tim penilai, kawasan Geopark Singkarak-Danau Kembar berhasil menduduki peringkat teratas. Dan semakin mengokohkan sektor Pariwisata Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat, sebut Nasripul.

Dirinya berharap prestasi ini mendorong pencapaian target RPJMD untuk menjadikan Kabupaten terbaik di Sumatera Barat. Dan menjadikan sektor Pariwisata, sebagai program unggulan yang dapat berkontribusi dalam peningkatan ekonomi masyarakat daerah. (billy@nsi-id)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button