KODAM III/SLW-MABES TNI

Kodam III/Siliwangi Kerahkan Sumber Daya, Bantu Proses Pemadaman Dan Dukung Pelayanan Kesehatan Serta Logistik

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Tindak Lanjut perintah Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko dalam penanganan Kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kodam III/Siliwangi mengerahkan personel serta alat peralatan untuk membantu menangani kebakaran maupun dampaknya terhadap masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan dan logistik, Senin 28 Agustus 2023.

Dari data terakhir tercatat kurang lebih 835 KK dari 6 RW Desa Sarimukti Kecamatan Cipatat yang terdampak oleh kebakaran TPA Sarimukti. Saat ini mereka mulai terserang penyakit Ispa, alergi dan demam.

Kesdam III/Slw mengerahkan Tim Kesehatan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat Sarimukti. Kurang lebih 100 orang warga setiap harinya diberikan dukungan kesehatan yang dilaksanakan mulai pukul 07.30 sampai dengan 16.30 WIB.

Selain itu Bekangdam III/Slw juga menurunkan Posko Dapur Lapangan (Durlap) bekerjasama dengan Dinas Sosial KBB, BNPB dan Tagana. Setiap harinya di siapkan 300 kotak logistik untuk relawan yang membantu menangani kebakaran di TPA Sarimukti, Cipatat.

Disamping itu untuk mendukung kegiatan penanggulangan kebakaran Brigif 15 Kujang II menurunkan Posko Mobile menggunakan aplikasi BMS (Battle Management System) yang dapat melihat daerah menggunakan sistem peta dan tracking.

Sampai saat ini personel Kodam III/Slw dibawah Komando Dandim 0609/Cimahi terus berjibaku dengan relawan lainnya dari Damkar, BNPB, dan POLRI berusaha memadamkan api di area TPA Sarimukti termasuk dalam penanganan dampaknya.

Perkembangan proses pemadaman api hingga hari ini, Senin (28/08/2023) mencapai sekitar 60% dari 16,5 Ha area yang terbakar. Dari 4 zona yang terbakar, zona 1 dan zona 4 sudah dapat dikuasai. Sedangkan zona 2 dan zona 3 masih dalam penanganan.

Berbagai upaya dilakukan Satgas untuk menghentikan penyebaran kebakaran yang lebih luas. Mulai penyemprotan melalui darat dan udara hingga membuat parit-parit penyekat menggunakan bantuan alat berat Eksavator.

Pada kesempatan tersebut Asisten Operasi Kasdam III/Slw Kolonel Inf Hista Soleh Harahap, S.I.P. turun ke lapangan meninjau penanggulangan kebakaran TPA Sarimukti memastikan bahwa Kodam III/Slw akan mengerahkan semua sumber daya yang dimiliki dalam rangka membantu proses pemadaman, mendukung pelayanan kesehatan dan logistik.

“Semoga dengan kolaborasi semua pihak yang terkait baik BNPB, TNI, Polri, Pemda, Tagana serta masyarakat dapat segera menuntaskan pemadaman kebakaran di TPA Sarimukti”, ucap Asops. (Pendam III/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button