KODIM 0619/PWK-KOREM 063/SGJ KODAM III/SLW

Koramil 1905/Jtl Menggelar Karya Bakti Penanaman Pohon Di Desa Jatimekar

PURWAKARTA-JABAR || suaraindependentnews.id – Upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global, sekaligus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Kodim 0619/PWK beserta jajarannya dan instansi terkait seperti DLH, Muspika Jatiluhur, dan Perangkat Desa melakukan penanaman ribuan pohon penghijauan.

Kegiatan tersebut bertempat di Perumahan Bukit asri Jatiluhur Rt 14 Rw 04 Desa Jatimekar Kec Jatiluhur Kab. Purwakarta, Senin 22 Januari 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Jatiluhur Endang Saepudin,S.P.M, Danramil 1905/Jtl Kapten Arm Deny Kristian, Dinas Pariwisata PJT II di wakili Taufik, Kasatpolair Jatiluhur, AKP Darmaji, SH., MH di wakili Ipda Syamsi, Kadis PUPR Ryan Oktavia beserta jajarannya, Babinsa Desa Jatimekar.

Kemudian hadir juga Bhabinkamtibmas Desa Jatimekar, Manajer Pam PJT II Mulyana, SE, Kasi Trantib Kec Jatiluhur Dayan Noor Janapriya, S.E, Koordinator SATPEL LLASD Jatiluhur Prov Jabar Atim Prihantono, Korlap BPTD kelas II KEMWNHUB di Prov Agus, Koirdinator TSDP Udin Kab.Purwakarta di Jatiluhur.

Selanjutnya hadir juga Kades Desa Jatimekar Nono Supriatna beserta jajarannya, Dirut PT TIGA PILAR atau jajarannya Hendra, Ketua Rw 04/ RT 14 Desa Jatimekar Kec Jatiluhur, Kades Se Kec Jatiluhur, Siswa Siswi Al Huda, dan Perwakilan masyarakat tiap tiap Desa Se Kec Jatiluhur.

Kegiatan Penanaman pohon dengan luas 1000 M2 dan jumlah pohon 200 yang terdiri dari jenis pohon seperti, Pohon Mahoni, Pohon Durian, Pohon Jenjeng, dan Pohon Alpukat.

Endang Saepudin, S.P.M (Camat Jatiluhur) dalam sambutannya menyampaikan, Giat penghijauan ini berada di lokasi perumahan Bukit Jatiluhur Asri yang belakangan ini terkena dampak longsor seperti diketahui belakangan hari ini curah hujan lebih tinggi.

“Untuk itu kami kepada seluruh warga Kecamatan Jatiluhur umumnya khususnya yang berada di Perum Bukit Asri Jatiluhur kita sama-sama peduli dengan lingkungan”, ujarnya.

Selanjutnya Kapten Arm Deni Kristian (Danramil 1905/Jtl) mengatakan, Penanaman pohon ini adalah kepedulian dari bapak Kepala Staf Angkatan Darat, karena melihat situasi kondisi alam yang musim penghujan yang ekstrim.

“Sehingga Bapak Kasad memerintahkan kepada Kodim Kodim jajaran dan Koramil untuk mencari lahan kritis yang bisa menimbulkan terjadinya bencana alam baik longsor ataupun banjir”, katanya.

Lebih lanjut Danramil Jatiluhur menambahkan, Purwakarta ini banyak ketinggian-ketinggian yang rawan tanah longsor berawal dari situ, beberapa waktu terjadi tanah longsor di sekitaran sini bisa kita lihat di sekeliling kita bahwa kontur tanah di sini turun naik dan tanah yang labil.

“Kalau bapak ibu dapat informasi ada tanah yang rawan longsor tolong lapor kepada kami. Dalam rangka mencegah tanah longsor dan banji hari ini kita dapat menanam pohon kurang lebih 200 batang pohon”, pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button