EKONOMITak Berkategori

Kukuhkan Pengurus Dekranasda Kab Solok, Epyardi Asda, “Target Produksi Go To Nasional”

Bupati Solok H Epyardi Asda meninjau lokasi pengerajin lokal dibawah binaan Dekranasda Kab Solok
Bupati Solok H Epyardi Asda meninjau lokasi pengerajin lokal dibawah binaan Dekranasda Kab Solok

Kamis, 15 Juli 2021

Kab Solok–Suaraindependent.id– Untuk memaksimalkan produksi kerajinan daerah dan UMKM-UKM dibawah naungan Dekranasda, Bupati Solok H Epyardi Asda tekankan untuk menggali potensi yang ada di Kab Solok dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi untuk nantinya bisa menembus Go To Nasional.

Kita ingin potensi yang ada di Kab Solok dikenal di tingkat Nasional dan memiliki nilai manfaat bagi masyarakat di seluruh Indonesia, terang Epyardi Asda.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Solok pada Pengukuhan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kab Solok Periode tahun 2021-2024, sekaligus membuka Musyawarah Daerah (Musda) Dekranasda tahun 2021 di Aula Pertemuan Chinangkiek, Kec X Koto Singkarak Kab Solok, Kamis (15/7).

Hadir bersama Bupati Solok Ketua DEKRANASDA Ny. Emiko Epyardi Asda, Waki Ketua DEKRANASDA Kab.Solok Ny. Kurniati Jon F.Pandu, Ketua Darma Wanita Yarminetti, Ketua Harian Dekranasda Eva Nasri, Kepala BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Solok, Camat X Koto Singkarak, Jajaran Pengurus Dekranasda.

Eva Nasri selaku ketua pelaksana mengatakan selain pengukuhan pengurus dekranasda, juga pada hari ini akan diresmikan gedung Sekretariat Dekranasda Kab.Solok di Dermaga Singkarak dan dilanjutkan dengan Musda Dekranasda Kab.Solok TH.2021 dengan tema menuju kesejahteraan pekerjaan melalui program JHT,JKK,JKM dan JP.

Pengukuhan pengurus Dekranasda Kab Solok oleh ketua Dekranasda Kab Solok Ny. Emiko Epyardi Asda
Pengukuhan pengurus Dekranasda Kab Solok oleh ketua Dekranasda Kab Solok Ny. Emiko Epyardi Asda

Bupati Solok mengatakan, diperubahan anggaran nanti kita masukan anggaran dekranasda untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi dan misi Mambangkik batang tarandam.

Melalui Dekranasda dan UMKM – UKM ini, mari kita tingkatkan prestasinya, jangan terlena dengan apa yang telah diraih,

Dekranasda merupakan organisasi non pemerintah atau mitra kerja, dekranasda mempunyai visi untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa berupa produk kerajinan melalui program kegiatan pembinaan pelatihan dan pemasaran / promosi hasil kerajinan daerah pada even even dalam maupun Luar Negeri.

Kita harus mengetahui potensi yang dimiliki daerah masing masing, 19 Kab / Kota di Sumatera Barat memiliki ciri khas yang berbeda, kita juga harus memiliki potensi yang bisa menjadi unggulan, terang Bupati.

Disebutkan Bupati, kita ingin potensi Kab Solok ini bisa menembus go to Nasional, salah satunya dengan meningkatkan kualitas produksi kerajinan yang dimiliki serta mengangkat budaya kearifan lokal, tentunya Dekranasda ini mampu menjadi pion penggerak dan dikenal di tingkat Nasional.

Kepada pengurus Dekranasda, lakukan terobosan terobosan guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengerajin, jika perlu lakukan proteksi terhadap karya-karya pengrajin dengan terus mensosialisasikan produk dalam Negeri kepada seluruh masyarakat, kita tidak ingin produk kerajinan kita menjadi tamu didaerah sendiri,

Dekranasda ini Juga sebagai wadah dalam pembinaan pengrajin, dan diharapkan untuk konsisten membantu dan memberdayakan pengrajin dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif produktif sehingga dapat ber kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi bagi usaha pengrajin.

Juga, Dekranasda harus mampu membina dan memperhatikan pengrajin, karena industri pengrajin ini memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan perekonomian,

Kami juga berharap kepada pengurus Dekranasda untuk bersinergi dengan Pemerintah terutama dalam menggali dan mengembangkan potensi yang ada, harap Epyardi Asda.

Ketua Dekranasda Kab.Solok Ny. Emiko Epyardi Asda mengatakan, Dekranasda merupakan wadah pembinaan produk kerajinan daerah, untuk itu harus memiliki kemitraan kuat terhadap industri kerajinan sehingga dapat memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan,

Kami yakin, Dekranasda Kab Solok dapat menjalankan fungsinya secara optimal sehingga dapat mencapai tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya.

Kami berharap Dekranasda Kab Solok bersama dengan stakeholders terkait mampu menemukan berbagai potensi serta menciptakan iklim kerja sama yang baik,

Terkait warisan budaya bangsa dan potensi, tentu kita tidak bisa lepas dari budaya kearifan lokal serta potensi yang kita miliki, melalui Dekranasda ini, kami akan mampu membawa Kab Solok lebih dikenal dan mendapat pasar yang baik secara Nasional, tegas Emiko.

Kita perlu komitmen dan kerja sama yang baik untuk mendukung pelaku ekonomi kreatif, serta menguatkan branding mencapai keberhasilan pemasaran kerajinan daerah ketingkat yang lebih tinggi,

Harapan kami pada Perajin dan pejuang perekonomian, teruslah berkarya meningkatkan kualitas dan kreasi produksi agar mampu bersaing di tingkat Nasional, selain itu juga dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan berkontribusi pada perekonomian daerah (PAD), tegas Ketua Dekranasda Kab Solok Ny. Emiko.

Usai pengukuhan pengurus dekranasda, dilanjutkan dengan Peresmian Gedung Dekranasda di Dermaga Singkarak oleh Bupati Solok. ([email protected])

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button