Seni Dan Budaya

Lexita Arini Putri Babys Kembali Memikat Mata Dunia Dalam Acara Expo Indonesia-Mexico 2023, Membanggakan NTT

KUPANG || suaraindependentnews.id – Lexita Arini Putri Babys mewakili Nusa Tenggara Timur (NTT) di ajang bergengsi Ivent 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia Mexico acara yang bertajuk Expo Indonesia en Mexico 2023, acara yang pertama kali di selenggarakan di Gedung World Trade Center Meksiko, 03 Juli 2023.

Kegiatan Expo Indonesia en Mexico (EIM ) tersebut diikuti oleh 51 eksibitor dari Indonesia maupun Meksiko, Lebih dari 50 orang peserta berasal dari Indonesia, baik dari Pemerintah Pusat seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, maupun dari Pemerintah DKI Jakarta, Jawa Tengah, papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT), salah satu perwakilan dari NTT Lexita Arini Putri Babys yang mana menjadi salah satu peserta perwakilan dari nusa Tenggara Timur dalam pertunjukan seni musik sasando, budaya kain adat tradisional NTT melalui fashion show yang di tunjukan oleh Lexita Arini Putri Babys.

Kegiatan EIM juga diisi dengan pertunjukan seni budaya Indonesia, yang ditampilkan baik oleh para pelaku seni dari Indonesia, diaspora dari Amerika, maupun warga Meksiko yang telah mendalami seni budaya Indonesia melalui progra, namun salah satu yang menjadi perhatian mata dunia dalam Ivent bergengsi 70 tahun hubungan diplomatik tersebut adalah seni musik sasando yang dimainkan oleh putri asali nusa Tenggara Timur Lexita Arini Putri Babys dengan pitikan jari lentik Lexita Babys memainkan salah satu lagu asli rote ofa langga, sontak membuat penonton dan para peserta seluruhnya tepuk tangan memuji alat musik tradisional asli NTT tersebut.

Pelaksanaan EIM sejalan dengan mandat Presiden Jokowi yang memfokuskan pada peningkatan kerja sama ekonomi dengan Meksiko, sebagai pasar non tradisional yang memiliki posisi strategis untuk masuk ke pasar Amerika dan wilayah Amerika Selatan. Hingga saat ini nilai total perdagangan Indonesia dengan Meksiko memberikan surplus bagi Indonesia.

Dikutip beberapa laman media online NTT sendiri diketahui membawa lebih dari 25 rombongan para pengusaha maupun grup seni budaya, keikutsertaan NTT dalam EIM merupakan kesempatan baik dalam rangka meningkatkan potensi kerja sama dan memperkenalkan kekayaan Indonesia kepada masyarakat Meksiko.

Terpisah ketika temui kedua orang tua Lexita Arini Putri Babys sangat bangga ketika anaknya terpilih di ajang internasional yang membawa nama NTT di acara Expo Indonesia en Mexico 2023.

“Saya sebagai orang tua tentu sangat bangga dan terharu saat anak saya dipilih menjadi salah satu peserta di Ivent 70 hubungan diplomatik yang di selenggarakan di Mexico”, ucap Sam Babys

Saya dan yanti istri saya, lanjut samsu babys sapaan akrabnya, kami melihat memang sejak kecil sudah ada potensi dari Lexita Arini Putri Babys yang mengalir darah seni dari opannya johanis melkior sinlaeloe, opanya Lexita Arini Putri Babys memang juga suka sekali dengan musik sasando sehingga turun ke cucunya Lexita Arini Putri Babys.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan dan sejumlah pejabat dari Indonesia dan Meksiko, ditandatangani 4 buah Memorandum of Understanding (MoU) antar perusahaan Indonesia dengan Meksiko. Selain pameran produk Indonesia, juga dilakukan berbagai forum perdagangan dan investasi, pariwisata, pembangunan berkelanjutan, dan forum antar pemerintah daerah kedua negara. Berbagai forum bisnis tersebut menghadirkan para pembicara antara lain Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Deputi Promosi Investasi BKPM, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Gubernur NTT, Kepala Perwakilan Bank Indonesia New York, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah, dan pejabat dari Pemerintah Meksiko. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button