Tak Berkategori

Mendapat No urut 1 Usep Ruswandi, A.Md.Sampaikan 10 Program Ungulan

 

Purwakarta|suaraindependent.id  Mendekati pemilihan kepala Desa, beberapa calon kepala Desa terus melakukan pengenalan kepada masyarakat di Desanya dengan mengunakan media masa baik bener, baliho serta alat peraga lainnya. Hal itu untuk menghindari kerumunan karena masa Pandemi Covid-19.

Selain mengenalkan diri kepada masyarakat, para calon ini juga beradu gagasan melalui visi misi dalam membangun Desa. Seperti visi misi yang dimiliki oleh salah satu calon kepala Desa Jatiluhur yang mendapatkan nomor urut satu yaitu Usep Ruswandi, A.Md.

Ketika di temui di kediamannya, Usep Ruswandi membeberkan visi misi serta program kerjanya ketika ia terpilih menjadi kepala Desa Jatiluhur. Visi yaitu Berjuang untuk rakyat, mewujudkan masyarakat Desa Jatiluhur sehat jasmani, rohani dan ekonomi.

Adapun misi yang dibawa oleh Usep  yaitu melaksanakan amanat masyarakat melalui tranparansi anggaran pembangunan desa sesuai amanat UU, Bersinergi bersama Ulama dan tokoh agama , Lembaga swadaya, Pemuda untuk menjadikan masyarakat desa Jatiluhur sehat rohani, jasmani dan Rohani.

“Dari visi misi itu ada turunnya yaitu program kerja, adapun program kerjanya ada 10 program kerja yang nantinya akan dilaksanakan yaitu :

1. Melakukan pembenahan Sistem Kinerja Aparatur Pemerintahan Desa guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.

2.Menyelenggarakan pemerintahan desa yang bersih jurdil terbebas dari bentuk-bentuk  penyelewengan.

3. Menyelenggarakan pemerintahan desa secara merata terbuka (transparan) sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan.

4. Menyelenggarakan pemerintahan atas dasar musyawarah mufakat.

5. Meningkatkan pengembangan kegiatan keagamaan.

6. Memberdayakan lembaga yang ada dan mengoptimalkan kegiatan pemuda dan olahraga guna menekan tingkat kenakalan remaja.

7. Meningkatkan kerja sama yang baik antara aparatur pemerintah desa dengan warga masyarakat dalam bidang ketertiban, kebersihan dan keamanan.

8. Penataan administrasi pemerintahan desa.

9. Melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana desa dengan sebaik-baiknya baik dananya yang berasal dari swadaya masyarakat maupun bantuan dari Pemerintah Pusat dan Daerah.

10. Mengoptimalkan Bumdes sebagai sarana peningkatan ekonomi masyarakat.

 

Itu lah program kerja yang nantinya akan dilaksanakan,” ucap Usep Ruswandi, Sabtu (3/07/2021)

Dalam bidang lainnya seperti bidang pemerintahan, Usep mengatakan akan melakukan pembenahan sistem kerja Aparatur Desa, Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa, bersinergi dengan Bamusdes, Peningkatan pelayanan publik dengan cara mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk bidang pembangunan ada program pembangunan dan pemeliharaan sarana transfortasi. Pembangunan Sarana Olahraga (GOR). Penyediaan Sarana Prasarana Ekonomi, Pertanian, Parawisata dan Kesenian. Pembangunan Sarana Publik yang Ramah Anak. Penerapan Teknologi Tepat Guna dan Ramah Lingkungan. Pemeliharaan Sarana Sarana Keagamaan. Penyediaan Sarana Air bersih Masyarakat yang Higienis dan Layak Konsumsi,” jelasnya.

Sementara, untuk bidang pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, Usep menyampaikan akan melakukan Pembinaan Majelis Taklim dan Kelompok – Kelompok Pengajian. Pembinaan dan Pemberdayaan KaderPembangunan Masyarakat(Kader PKK, Kader Posyandu, kader Posbindu Lansia ,Guru Ngaji, Guru MD dan PAUD).

“Pembinaan dan Pemberdayaan Karang Taruna dengan cara Di beri Pelatihan – pelatihan    Usaha dan Keterampilan. Peningkatan Kapasitas Prangkat Desa RT dan RW juga Linmas (Badega Lembur). Peningkatan Kesejahteraan Kader Pembangunan Masyarakat ,Guru Ngaji, Guru PAUD, Guru MD ,Kader Posyandu, Kader Posbindu Lansia. Pembentukan unit-unit usaha milik mayarakat sesuai potensi desa. Optimalisasi mesjid sebagai pusat dakwah untuk kemaslahatan umat,” jelasnya.

Dari semua program yang harus dijalan, Kata Usep Ruswandi, ada program yang menjadi program unggulan yaitu Program sehat Jasmani dengan peningkatan sarana olahraga dan sarana posyandu, Program sehat Rohani dengan peningkatan sarana Rumah qur’an, kemakmuran majlis taklim, mesjid dan mushola. Program Sehat ekonomi dengan pembinaan ekonomi masyarakat melalui pembinaan ekonomi masyarakat sesuai potensi.

  1. “Untuk program unggulan berupa pembinaan itu sudah berjalan, saya juga di Rumah zakat sebagai fasilitator desa berdaya, saya mohon doa dan dukungannya dari masyarakat Desa Jatiluhur. Jangan lupa 25 Agustus 2021 coblos nomor satu,” tandasnya.(pul)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button