KODAM III/SLW-MABES TNI

Pangdam III/Slw Mayjend TNI Kunto Arief Wibowo ; Babinsa Jangan Puas Karena Simpati, Namun Terus Asah Kemampuan

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Keberlanjutan Apel Komandan Satuan (AKS) Tersebar Kodam III/Slw TA. 2023 yang telah di selenggarakan di Kebun Raya Kuningan bulan Mei lalu, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., melaksanakan Apel Danramil dan Babinsa jajaran Kodam III/Slw di Graha Manggala Siliwangi Jalan Aceh No. 66 Kota Bandung, Selasa 13 Juni 2023.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P dalam arahannya mengatakan, perlu adanya pola kerja yang tersusun dan terkonsep serta terstruktur sehingga pelaksanaan tugas pokok di wilayah pada berbagai aspek dapat menghasilkan output yang baik dan terukur.

Dijelaskannya, Apel Danramil dan Babinsa dilakukan untuk memberikan ruang komunikasi terhadap seluruh aparat kewilayahan jajaran Kodam III/Slw tentang tugas dan fungsi Apkowil dalam menjalankan tugas pokok.

Selanjutnya, Apel Danramil dan Babinsa diikuti oleh seluruh Danrem, Dandim, Kasi Korem, Danramil dan perwakilan Babinsa Jajaran Kodam III/Slw sejumlah 1.601 orang.

“Militer adalah organisasi yang sudah sangat lengkap, baik secara hukum hingga petunjuk secara teknis sudah ada semua. Organisasinya lengkap dengan mengacu pada sejarah serta sistem pertahanan kita sebagai negara kepulauan”, ujar Pangdam.

Pangdam Lebih lanjut menekankan, sebagai aparat kewilayahan serta sebagai pelopor masyarakat setempat, para Babinsa dan Danramil diharapkan tidak mudah merasa puas terhadap simpati masyarakat, melainkan harus terus mengasah kemampuan agar secara psikologis jangan sampai berubah dan tetap fokus pada tugas pokok satuan kewilayahan.

Diakhir arahannya, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berpesan kepada seluruh jajaran agar terus menjadi solusi untuk masyarakat sehingga tercipta simbiosis mutualisme yang berkelanjutan (sustainable) sehingga tatanan di masyarakat tetap kokoh sehingga dapat menguatkan jati diri masyarakat di semua wilayah.

“Saya hanya bisa menguatkan keputusan kalian, jangan sia-siakan dirimu yang sebetulnya kalian juga tidak siap menghadapi resiko di lapangan, namun teruslah menjadi contoh yang terbaik untuk orang lain, mudah-mudahan kita selalu berada dalam lindungan serta diberikan kekuatan dalam menjalankan tugas pokok”, pungkas Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.IP.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan oleh Pangdam III/Slw kepada anggota yang berprestasi, diantaranya Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanis Woro, S.Sos dan Danramil 0611-01/Garut Kota Kapten Czi Wardiman yang memiliki inovasi Drone Tembak Sangkuriang dan Cold Storage, Danramil 0618-11/Ujungberung Mayor Chb Edi Sutrisno dalam menangani konflik sosial pangkalan ojek online dengan ojek pangkalan serta menggagalkan peredaran Narkoba hingga membangun pangkalan secara swadaya.

Selanjutnya Babinsa Koramil 0617-05/Cikijing Kodim 0617/Majalengka Serma Awandi, sebagai pelopor dan penggerak ekonomi rakyat di bidang pertanian dengan menanam bawang merah menggunakan Bios 44 DC yang mampu mendongkrak kualitas dan kuantitas hasil panen.

Disamping itu, Pangdam III/Slw juga memberikan penghargaan kepada satuan yang aktif dalam penggunaan pupuk Bios 44 DC diantaranya, Kodim 0602/Serang, Kodim 0611/Garut, Kodim 0605/Subang serta Kodim 0616/Indramayu.

Pengarahan berbagai materi teknis tentang tugas kewilayahan untuk penguatan Apkowil juga diberikan oleh Kapoksahli Pangdam III/Slw, Asintel, Asops dan Aster Kasdam III/Slw kepada seluruh peserta Apel Danramil dan Babinsa Jajaran Kodam III/Slw.

Turut hadir mendampingi Pangdam III/Slw, Kapoksahli Pangdam III/Slw, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, Pa LO TNI AL dan AU. (Pendam III/Siliwangi, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button