KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Pasi Bakti TNI Korem 062/TN Tinjau Lokasi Penanaman Mangrove Dan Giat Komsos Dengan Nelayan Di Pesisir Barat Pantai Selatan Pangandaran

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Pasi Bakti TNI Siter Korem 062/Tn Mayor Inf Nazwir didampingi Danramil 2501/Parigi Kapten Inf M.Erwin Madiaferry meninjau lokasi penanaman pohon mangrove sekaligus melaksanakan Komsos dengan nelayan bertempat dilokasi Darmaga Pelabuhan Bojong Salawe Desa Karang Jaladri Kampung Jaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Selasa (09/05/2023).

Pasi Bakti TNI Siter Korem 062/Tn mengatakan peninjauan ini atas arahan pimpinan untuk melihat langsung kelokasi penanaman pohon mangrove yang sudah ditanam oleh Kodim 0625/Pangandaran pada tanggal 14 April 2023 kondisinya bagaimana. Alhamdulillah setelah ditinjau tanaman pohon mangrove tersebut kondisinya cukup baik.

Penanaman pohon mangrove ini bertujuan untuk menjaga ekosistem perairan dan mencegah abrasi laut serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya di wilayah pesisir.

Lebih lanjut, Pasi Bakti TNI Siter Korem 062/Tn menjelaskan kegiatan ini juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem yang berada diwilayah pesisir. Masyarakat harus terlibat secara langsung dalam upaya upaya pengurangan risiko bencana tsunami yang salah satunya adalah penanaman mangrove di sekitar pesisir pantai.

Saya mengingatkan serta mengajak kepada seluruh warga Dusun Bojongsalawe yang tinggal di tepi laut harus lebih peduli terhadap lingkungannya.

Selain itu, disela-sela peninjauan Pasibakti TNI Siter Korem 062/Tn melaksanakan Komsos dengan masyarakat dan nelayan. Karena
masyarakat desa Bojong Salawe merupakan masyarakat yang bekerja sehari-hari sebagai nelayan yang mencari ikan dilaut maupun area sekitar pelabuhan dan pantai Bojong Salawe.

Pekerjaan yang ditekuni dan sebagai mata pencaharian mereka setiap hari adalah nelayan. Karena nelayan bilamana mendapatkan hasil ikan melimpah biasanya dijual ketempat pelelangan ikan dan dibawa pulang untuk dikonsumsi sendiri.

Lebih lanjut, kata seorang nelayan berangkat melaut sore hari dan kembali mejelang pagi. Ada juga masyarakat yang memancing dan mencari ikan disekitar Pelabuhan Pangandaran.

Kehidupan nelayan merupakan suatu kehidupan yang keras, dimana mereka harus bekerja keras untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, maka mereka harus memiliki kekuatan fisik yang tak kenal lelah, tak kenal menyerah dan sikap hidup dalam gotong royong, sehingga hal itu membuat mereka tetap kompak antara warga masyarakat dan aparat teritorial yang ada diwilayah pantai.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantara Babinsa Karangjaladri Serma Aguscik, Ketua RT 12/04 Dusun Bojongsalawe Desa Karangjaladri Unang, Karangtaruna Bojongsalawe Iwan (Penrem 062/TN, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button