PELATIHAN

Pemerintah Desa Mo’awo Laksanakan Pelatihan Budidaya Ikan Lele Tahun 2023

Mewujud Nyatakan Kemadirian Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat Desa Mo'awo

GUNUNGSITOLI, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Desa Mo’awo melaksanakan Pelatihan Budi daya Ikan Lele yang anggarannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa  (APBDes) Tahun 2023, dilaksanakan bertempat di Kantor Desa Mo’awo, Kecamatan Gunungsitoli. Kamis (8/6/2023).

Kepala Seksi Pelayanan Desa Mo’awo, Yarni Harefa dalam laporannya menyampaikan adapun maksud dan tujuannya yakni pelaksanaan kegiatan pelatihan  Budi daya Ikan Lele yang bersumber anggarannya dari APBDes Tahun 2023, adapun pesertanya yakni dari 18 Kelompok Budi daya Ikan Lele yang telah  terbentuk dan diambil utusan masing-masing kelompok.

Pelaksana kegiatan berharap agar pelatihan budi daya ikan Lele ini diteruskan dan disampaikan kepada kelompok lainnya ujarnya.

Sementara Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Moawo, Ahmad Yaman Harefa dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada hari ini Bapak-ibu peserta akan melaksanakan pelatihan budi daya ikan Lele yang mana hanya dikhususkan kepada Ketua Kelompok, sekretaris dan Bendahara Kelompok dan diharapkan akan disampaikan kepada rekan-rekan Kelompok.

Lebih lanjut ia sampaikan bahwa, kegiatan pelatihan ini sebagai pembelajaran kepada kelompok agar tidak terjadi  kegagalan pada budidaya ikan lele dan  berhasil  maksimal, juga diharapkan kepada peserta agar benar-benar mengikuti Pelatihan ini, ucapnya.

Dalam arahan dan bimbingannya Pj. Kepala Desa Mo’awo, Muhammad Alhabib Zendrato menyampaikan bahwa, pertemuan kita pada hari ini untuk melaksanakan pelatihan  Budidaya Ikan Lele yang bersumber dana anggarannya dari APBDes Tahun 2023.

Program ketahanan Pangan yang dilaksanakan di Desa Mo’awo salah satunya Budidaya Ikan Lele.

Kelompok yang menerima pelatihan  Budidaya Ikan Lele sebanyak  18 kelompok, setiap kelompok berjumlah 10 Orang dan yang mengikuti Pelatihan diwakili  tiga orang dari setiap kelompok.

“Oleh karena itu penerima ikan lele  bukan karena keinginan namun karena kebutuhan dan bila kita terima ikan Lele nantinya kita pelihara dengan baik”.

Pembangian Ikan Lele kali ini hanya bibitnya saja tidak ada Pakan dan Pemerintah Desa siap menerima apabila ada keluhan peserta kelompok bagi yang tidak mau menerima bibitnya karena tidak sanggup untuk membiyayai Pakannya.

Dan bagi peserta kelompok yang belum mengerti dipersilahkan untuk mempertanyakan sehingga ilmu Budidaya Ikan Lele dapat diterima dan disampaikan kepada peserta kelompok lainnya, akhirnya Pelatihan Budi daya Ikan Lele Tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Pj. Kepala Desa Mo’awo dan disambut tepuk tangan para peserta Pelatihan Budidaya Ikan Lele.

Selanjutnya  Camat Gunungsitoli, Wahyu Gulo dalam sambutannya menyampaikan bahwa, di desa Mo’awo ada 18 Kelompok Budidaya Ikan Lele dimana tingkat antusiasme dari masyarakat sangat tinggi dan tingkat fasilitasi pemerintah sangat baik dimana 117.000 bibit ikan lele akan dibagikan kepada masyarakat.

Inilah sebenarnya yang digaungkan Pemerintah, karena sasarannya masyarakat, menyentuh peningkatan kesejahteraan masyarakat dan dengan adanya Budidaya Ikan Lele dapat membantu perekonomian pungkasnya.

Jika 117.000 bibit ikan lele berhasil akan dikemanakan, inilah gunanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), BUMDes yang menampung dan menyalurkan ke Rumah makan atau secara eceran menjual ke Pasar sehingga dapat berjalan dengan lancar ujarnya.

Dilanjutkan  Penyampaian Materi  dari Dinas perikanan Kota Gunungsitoli, Herman Jaya Bazisokhi Daeli,S.PI memaparkan proses budidaya ikan secara umum yakni;1).Persiapan lahan yang tepat (mengenal media/tempat untuk kegiatan budidaya); 2). Persiapan Benih ikan  Air Tawar yang akan dipelihara; 3). Pemeliharaan benih ikan; 4). Proses Panen ikan air Tawar. dan selanjutnya sesi tanya jawab dengan peserta, acara Pelatihan Budidaya Ikan Lele di Desa Mo’awo  berjalan dengan baik.

Acara Turut dihadiri Camat Gunungsitoli, Wahyu Gulo., Pj. Kepala Desa Mo’awo, Muhammad Alhabib Zendrato., Ketua BPD Ahmad Yaman Harefa,. Sekretaris Desa Zulman Zendrato., PLD Desa Mo’awo Mirah M Waruwu,. Narasumber dari Dinas perikanan Kota Gunungsitoli, Herman Jaya Bazisokhi Daeli,S.PI  dan Bapak-Ibu peserta pelatihan Budidaya Ikan Lele Desa Mo’awo. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button