POLRI

Polres Garut Bersama Densus 88 Mabes Polri Gelar Giat Pembinaan Penguatan Sinergitas Dan Wawasan Kebangsaan

GARUT, suaraindependentnews.id – Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Banjarwangi Kampung Cihonje Desa Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut, pada Selasa (15/2/2022), sekira pukul 09.00 WIB, telah dilaksanakan kegiatan pembinaan penguatan Sinergitas Bhabinkamtibmas, penyuluh agama, MUI, Ormas Islam dan Pimpinan Pondok Pesantren yang di sampaikan oleh Densus 88 Mabes Polri Pencegahan, Sat Binmas Polres Garut, MUI dan kemenag Kabupaten Garut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Densus 88 AT Pencegahan Mabes Polri Kompol Agus, Ketua MUI Kabupaten Garut KH. Aceng munir, Kasat Binmas polres Garut AKP Didi Sutardi, Kanit Bintibmas Aipda Umar Taufik, S.Sos.I, Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif, Kasi Binmas islam Drs.Hendang sutiana, pengurus Da’i Kamtibmas Polres dan Polsek, Kecamatan, Sekmat kecamatan Banjarwangi, Bhabinkamtibmas, babinsa, ormas islam, ketua yayasan, pondok pesantren dan hadir 75 orang.

kegiatan tersebut diisi dengan kegiatan pembinaan penguatan sinergitas diselenggarakan oleh Densus AT 88 Polri bekerjasama dengan Sat Binmas Polres Garut dan Kemenag kabupaten garut dengan menghadirkan Pemateri MUI Kabupaten Garut KH. A. Munir.

Adapun Susunan Acara Sbb,
1. Pembukaan.
2. Pembacaan Al-Quran.
3. Menyanyikan Lagu Indonesia raya.
4.Doa.
5. Sambutan Porkopincam.
6. Pembinaan densus AT 88 polri, MUI Kabupaten Garut dan Kasat Binmas dilanjutkan diskusi.
7. Penutup.

Pembinaan Kompol Agus Densus 88 AT Pencegahan Mabes Polri Garut diantaranya sbb,
1. Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas nikmatnya kita masih diberi kesehatan sehingga kita masih bisa bertemu dalam acara ini.

2. Kegiatan pembekalan Wawasan kebangsaan, ideologi Negara, moderasi Beragama dan islam washatiyah sebagai penguaan sinergitas antara Bhabinkamtibmas, penyuluh agama islam,ormas islam dan pimpinan pondok pesantren.

3. Kegiatan tersebut ditujukan sebagai upaya meningkatkan ketangguhan ideologi dari suatu wilayah yang berbasis pada kekuatan lokal yang saling menguatkan (Kampung tangguh ideologi) dan saling bertoleransi.

Kasat Binmas AKP Didi Sutardi menyampaikan program Bapak Kapolres Garut Ngariung Kamtibmas,
1. menyisipkan juga dalam kegiatan ini kita akan melaksanakan Ngariung Kamtibmas di wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

2. Adapun agenda yang terkandung dalam Program ngariung Kamtibmas ini :
a. Sistem pencegahan kejahatan.
b. Intoleransi yang artinya kita harus bisa saling menghormati sesama lain guna menjaga situasi Kamtibmas yang Kondusif.
c. Penegakan Protol kesehatan Covid-19 .Kita harus bisa saling menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan.
d. Aplikasi smart SPKT dan percepatan Vaksin
e. Polres garut baru-baru ini mengukuhkan Da’i kamtibmas se Kabupaten Garut semoga bisa membantu tugas polri dan menyejukan masyarakat.

Pemateri dari KH. A. Munir,
1. Bagaimana cara di jaman sekarang ini kita dapat menerapkan agama yang pertama, Kemampuan dalam menerapkan Agama dan Jalur kultural yang tidak berpolitik, di indonesia sendiri yang paling berkontribusi ada pada kultural adanya Ormas Islam yang ingin memajukan islam.
2. Kita dalam beragama ini ada yang memunculkan simbolnya saja dan ada juga yang memunculkan substansinya saja.

3. Kita tidak menginkan simbolnya saja dalam beragama tetapi harus ada substansinya dan inmateri dalam mengembangkan keagamaan. Adanya satu pemahan.
4. Agama itu bagaimana pola pikir kita jangan matrelialistis tetapi harus ada subtansinya dan inmateri.
5. Adakah diantara semua agama yang membolehkan pencurian, yang membolehkan asusila pasti tidak ada yang artinya semua agama mempunyai prinsip universal substansi yang sama.

6. Rasullullah dalam menyebarkan agama menggunakan piagam madinah atau kesepakatan bersama menyepakati yang halal dan yang haram apa yang boleh dilakukan dan yang tidak.
7. Kita bersyukur lahir di indonesia karena tidak ada pada Pancasilla yang bertentangan dengan agama, sampai dengan kegiatan keagamaan kitapun di fasilitasi dengan Undang-undang.
8. Al-Qur’an dan Hadist itu menjadi Sumber Hukum bagi umat islam.

Sekira pukul 13.30 WIB Kegiatan Pembinaan Ideologi, penguatan sinergitas antara Bhabinkamtibmas, Polres Garut, telah selesai dilaksanakan, selama kegiatan berlangsung dengan lancar dan kondusif dan dengan mematuhi protokol kesehatan. (Humas, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button