KESEHATAN

RSUD Gunungsitoli Resmi Berubah Nama Menjadi RSUD dr. M.Thomsen Nias.

Nias, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Peresmian perubahan nama dan gedung baru di laksanakan di lapangan RSUD dr. M. Thomsen Nias, yang  beralamat di Jalan Ciptomangunkusumo. No.15 Gunungsitoli, Sumatera Utara,  Kamis (21/01).

Dalam sambutannya Direktur RSUD Gunungsitoli dr. Julius Dawolo, M.kes menyampaikan dasar pelaksanaan sesuai peraturan Bupati Nias Nomor 41 tahun 2020 tentang perubahan nama UPTD RSUD Gunungsitoli menjadi RSUD dr. M. Thomsen Nias, bertujuan untuk memberikan status dan kedudukan RSUD dalam rangka administasi dan operasional di masa yang akan datang.

“RSUD Gunungsitoli salah satu Rumah Sakit rujukan regional di Sumatera Utara”.

Pada tahun anggaran 2015 RSUD mulai menyusul master plan pembangunan RSUD Gunungsitoli. Pada tahun 2016 mengusulkan alokasi yang pembangunannya ke Kementrian Kesehatan melalui DAK penugasan bidang kesehatan, Pembangunan, gedung baru di mulai pada tahun 2017 sampai 2020.

Penambahan pembangunan fasilitas gedung baru antara lain, 140 temoat tidur, 12 piliklinik spesialis, 19 ICU, dan 1 ruangan hemodialisa, 25 tempat tidur, 4 buah kamar operasi, 2 buah ruang kerja, 1 aula pertemuan, 1 gedung dan memiliki besment dengan daya tampung 52 kendaraan roda 4, dan 150 roda 2.

Sementara Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo laoli, MM, dalam arahannya menyampaikan bahwa   RSUD Gunungsitoli telah berdiri sejak tahun 1963, RSUD Gunungsitoli adalah salah satu unit kerja lingkup pemerintah Kabupaten Nias, yang mana saat ini UPTD RSUD Gunungsitoli berdasarkan Peraturan Bupati Nias Nomor 28 tahun 2019, menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan dan merupakan satu-satunya Rumah sakit rujukan se-Kepulauan Nias, yang terdiri dari 5 Kabupaten/Kota. antara lain: Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara, dan Kota Gunungsitoli.

Dan saat ini dokter spesialis yang dimiliki oleh RSUD Gunungsitoli masih berjumlah  17 orang dan yang sedang dalam proses penyelesaian spesialis masih ada 3 orang barang kali sebentar lagi selesai dan semua untuk memberikan kesehatan kepada masyarakat  Kepulauan Nias.

Seiring perkembangan yang pesat baik dari sisi kapasitas 257 tempat tidur dan di tambah 98 tempat tidur di gedung baru yang telah di manfaatkan dan memiliki ruang perawatan kelas III kelas II dan kelas I serta ruang pelayanan 12 ruang ICU, HCU Hemodialisa atau cuci darah dan rekam medik dan ada juga tempat parkir. ucap Bupati Nias.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Nias, Wakil Bupat Nias, staf ahli Kabupaten Nias, mewakili kajari Gunungsitoli, kodim 0213 Nias, Wakapolres Nias, Inspektorat Kab Nias, mewakili Kepala Daerah Kepulauan Nias, direktur RSUD dr. M. Thomsen Nias, Kadis Kesehatan Kab Nias. Serta Pimpinan dan staf RSUD dr. M. Thomsen Nias. Acara peresmian tersebut berjalan lancar dengan patuh pada Protokol kesehatan

Sebelum meninggalkan lokasi, Bupati Nias dan  didampingi Wakil Bupati Nias bersama rombongan melakukan pengecekan setiap ruangan sampai lantai paling atas. (FL/Aa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button