Tak Berkategori

Sekda Nias Barat Buka Sosialisasi Penetapan Batas Wilayah Desa

Gbr. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Penegasan dan Penetapan Batas Desa di Wilayah Kabupaten Nias Barat.

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Penegasan dan Penetapan Batas Desa di Wilayah Kabupaten Nias Barat yang dilaksanakan di Ruang Afo Bappeda, Onolimbu Kecamatan Lahomi, Jum’at  (8/10/2021).

Dalam arahannya Sekda menyampaikan, bahwa desa itu berbatasan dengan wilayah bukan mengikuti orangnya, terkait Dana Desa jika akan membangun suatu bangunan harus dibangun di desa itu sendiri bukan dimana orangnya.

Boleh memiliki aset di daerah orang tapi bukan dalam arti bisa mengklaim daerah itu milik sendiri.

Jadi sosialisasi ini dapat memberi pemahaman kepada kita semua tentang batas wilayah terutama batas desa”.Prof. Dr. Fakhili Gulo

Lebih lanjut Fakhili menyampaikan, Penegasan dan Penetapan batas Desa, bertujuan untuk menciptakan ketertiban administrasi pemerintah, memberi kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa yang memenuhi aspek teknis dan yuridis.

Senada dengan itu, Drs. Evan Gani P Siahaan M. Si pada saat menyampaikan materi mengatakan bahwa jika masih sesama NKRI, tidak perlu berperang memperebutkan suatu wilayah atau perbatasan. Kalaupun ada masalah batas wilayah, masih bisa diselesaikan dengan cara yang baik.

Hadir pada acara sosialisasi itu yaitu Drs. Ervan Gani P. Siahaan Kepala Bagian Pemerintah Umum Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sumatera Utara bertindak sebagai narasumber, Asisten I Drs. Darman Gulo, Kepala Bappeda Sabahati Gulo, Rosevelt Hia, Kapolsek Sirombu IPDA Osiduhugo Daeli, Kepala Desa dan anggota BPD se-Kecamatan Sirombu serta hadirin lainnya. (F.Larosa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button