POLITIKTOKOH

Survey Liberte Institute, Caleg Dapil 2 Kota Solok Berpotensi Raih Kursi DPRD

Kota Solok, Suaraindependent.id9 (Sembilan) orang Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok Propinsi Sumatera Barat berpotensi untuk mampu meraup suara dan berpeluang untuk meraih kursi di DPRD Kota Solok.

Potensi tersebut tentunya beralasan. Berdasarkan hasil dari Lembaga Survei Liberte Institute yang merilis hasil survei Caleg DPRD Kota Solok periode 2024-2029 dari Dapil 2 yaitu Tanjung Harapan Kota Solok

Survei tersebut dilaksanakan pada 26-29 Januari 2024,” kata Direktur Riset Liberte Institute, Indrayadi dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, Caleg DPRD Kota Solok yang berpotensi duduk, berpeluang mengalami pergeseran. Indrayadi mengatakan kalau posisi Caleg DPRD Kota Solok Dapil 2 tersebut masih sangat mungkin berganti dalam waktu 10 hari ini, karena beberapa partai berpotensi memperoleh 2 kursi pada Dapil Tanjung Harapan ini. Karena Demokrat, PAN dan PPP memiliki beberapa Caleg kuat yang berpotensi terus menaikkan elektabilitasnya

“Seperti Bayu Kharisma di Partai Demokrat, bila akumulasi suara partai menyentuh 17%, maka Demokrat akan memiliki 2 kursi pada periode ini di Tanjung Harapan. Namun saat ini masih berapa 15,9% untuk akumulasi suara Caleg nya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Liberte Institute merupakan lembaga survei resmi dan anggota dari AROPI (Asosiasi Riset Opini Publik Indonesia)

Liberte Institute telah melakukan survei di berbagai Provinsi di Sumatera dan telah terbukti akurat selama lebih dari 13 tahun sejak berdirinya pada 2010.

Untuk Kota Solok, hasil survey Liberte Institute telah terbukti akurat pada Pilkada Kota Solok 2020 yang lalu

Kini, Indrayadi MSi dalam fase penyelesaian Program Doktor Studi Kebijakan FISIP UNAND.

Metode Multistage Random Sampling

Ia mengatakan bahwa survey Liberte Institute tersebut menggunakan metode multistage random sampling

Jumlah responden yang diwawancarai adalah 440 orang yang diambil dari semua Kelurahan dan RW di Kecamatan Tanjung Harapan. Survei ini memiliki margin of error sebesar 4,67% dan tingkat kepercayaan hingga 95%,” tuturnya.

Lanjut Indra, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden dengan menggunakan kuisioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait dengan calon DPRD Kota Solok Dapil 2 yang akan dipilih pada pemilihan umum 2024 mendatang.

Tim Survei dari Sarjana S1 hingga S2

Pewawancara lapangan adalah sarjana S1 hingga S2 yang telah dilatih oleh Liberte Institute

Wawancara yang dilakukan oleh surveyor dikontrol secara sistematis oleh tim Liberte Institute dengan melakukan cek ulang di lapangan sekitar 30% dari total data responden yang masuk, untuk menjamin akurasi data yang diperlukan,” imbuhnya. (Billy@nsi-id)

9 Nama Caleg yang berpotensi duduk di DPRD Kota Solok 2024-2029 hasil Survei Liberte Institute:

1. BAYU KHARISMA 15,7% dari Demokrat

2. RINALDI, Dt. RANGKAYO SUTAN, SE 10,5% dari PPP

3. EFRIYON CONENG 10% dari PAN

4. ADE MERTA, S.Pd 8,2% dari PKS

5. AMRINOF DIAS, Dt. ULA GADANG, SH 4,3% dari NasDem

6. H. IRMAN YEFRI ADANG, SH, MH / WASRI 3,2% dari Golkar

7. AGUSRAM SALIM UNCU 5,7% dari Gerindra

8. HENDRA SAPUTRA, SH 3,4% dari PBB

9. TAMRON, SE 1,6% dari Hanura

sumber ; patronnews.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button