KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna Hadiri Acara Sosialisasi Netralitas TNI AD Pada Pemilu 2024

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M., M.Han., menghadiri acara Sosialisasi Netralitas TNI AD Pada Pemilu 2024 di Kodam III/Siliwangi bertempat di Graha Tirta JIn Lombok No. 10 Kota Bandung, Selasa 10 Oktober 2023.

Dalam sambutannya Danpusterad Letjen TNI Teguh Mugi Angkasa dalam yang dibacakan oleh Brigien TNI Agus Prasetyo mengatakan bahwa TNI AD adalah pilar utama pertahanan negara yang memiliki peran sangat penting dalam menjaga ketertiban, keamanan dan netralitas selama proses Pemilu.

“Saya mengingatkan kepada prajurit TNI AD agar memahami pentingnya netralitas TNI pada pemilu tahun 2024, sebagai prinsip utama yang harus dipegang teguh seorang prajurit”, ucap Danpusterad.

Sosialisasi netralitas TNI AD pada pemilu 2024 menjelaskan tentang implementasi netralitas TNI oleh setiap prajurit dan PNS di lingkungan TNI, yaitu.

Pertama, tidak memihak atau memberikan dukungan kepada partai politik dan Pasangan calon.

Kedua, tidak memberikan fasilitas tempat, sarana dan prasarana TNI AD selama kegiatan kampanye.

Ketiga, tidak memberikan arahan kepada keluarga prajurit TNI AD terkait pemilihan umum.

Keempat, tidak memberikan tanggapan terhadap hasil quick count dalam bentuk apapun.

Kelima, atasan atau komandan menindak prajurit TNI AD yang terbukti terlibat dalam politik praktis.

Keenam, prajurit TNI AD yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif ataupun calon kepala daerah harus mengundurkan diri dari dinas TNI AD.

Selanjutnya untuk memelihara nilai netralitas, prajurit
TNI AD juga harus membatasi diri agar tidak berada di tempat penyelenggaraan kampanye Pemilu, tidak ada pemasangan identitas peserta Pemilu di lingkungan Markas TNI serta memelihara kondusifitas daerah yang rawan konflik politik untuk mencegah terjadinya bentrokan fisik antar massa.

Sementara itu Pangdam III/SIw dalam sambutannya menegaskan kembali bahwa netralitas TNI harga mati.

Dengan narasumber Direktur Pusat Informasi Teritorial Pusterad Brigjen TNI Agus Prasetyo.

Kegiatan diikuti oleh seluruh pejabat Kodam III/SIw, para Danrem, Dan/Kabalakdam, Danbrigif, para Dandim dan Danyon serta perwakilan dari satuan jajaran Kodam III/SIw sejumlah 500 orang. (Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button