Peristiwa

Evakuasi Korban Bencana Longsor Di kp Bojong Kondang, Terus Dilakukan Oleh Tim BNPB Beserta Para Relawan

CIMANGGUNG,Suaraindependentnews.id-Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo beserta Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri, Gubernur Jabar M Ridwan Kamil, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan meninjau lokasi longsor di Bojong Kondang, kec Cimanggung, kab Sumedang,pada Minggu 10 Januari 2021.

Terjadinya bencana longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang menimpa 12 rumah unit rumah milik warga yang lokasinya dibawah tebing kompleks perumahan Sbg tepatnya blok A4.

Kepolisian Daerah Jawa Barat akan bertindak dan menyelidiki terkait izin berdirinya lahan pembangunan kawasan perumahan tersebut.

“Proses perizinan berdirinya kompleks perumahan ini akan kami selidiki.dari perizinannya,amdal dari warga sekitar seperti yang disampaikan Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri saat meninjau lokasi longsor, Minggu 10 Januari 2021.

Kapolda menyampaikan, perumahan yang berdiri di atas bukit ini memang tidak layak untuk dihuni karena melihat tebing ujung perumahan yang curam, ujar Dofiri

“kami bersama tim akan mendalami kalau kalau melihat areal seperti ini di bangun perumahan rentan longsor dan rawan terjadi bencana,” tuturnya.

Pelaksanaan evakuasi,akan dilaksanakan melihat situasi cuaca, pasalnya pergerakan tanah di lokasi kejadian masih dapat dikatakan rawan bisa saja tiba tiba ada longsor susulan.ujarnya

Meliahat lokasi longsor tebing yang cukup curam dan ada beberapa pohon aren dan sukun yang bediri kokoh diatas tebing ini menandakan pergerakan tanah yang longsor tidak ada pohon(perumahan nghijauan) mungkin perlu penanaman pohon untuk menyangga tebing dan menahan air serta menyerap air ketika hujan turun.

“Kita akan lakukan penanaman pohon dilahan rawan longsor dilokasi tebing,nanti setelah proses evakuasi dan situasi normal dikatan pulih dan normal kembali,

Perlu kerjasama semua tim untuk mempercepat evakuasi dilokasi bencana agar tidak ada lagi longsoran yang lebih parah.tegas Letnan Jenderal TNI Doni Monardo sebagai kepala BNPB

Diakhir peninjauan lokasi bencana longsor gubernur jabar Ridwan kamil Memberi bantuan kepada korban bencana secara simbolis.(yasman)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button