Seni Dan Budaya

FKWSG Akan Adakan Haul Pangeran Sutajaya Gebang Di Bulan November 2021 Dengan Mengikuti Prokes.

Cirebon Timur-Gebang, suaraindependentnews_id.
Forum Komunikasi Warga Sutajaya Gebang (FKWSG) akan menggelar kembali kegiatan haul Pangeran Sutajaya yang akan dilaksanakan sekitar bulan November 2021 mendatang dengan mengikuti Prokes. Adapun rencana agenda kegiatan berupa tawasul, giat sosial, kirab budaya dan pembacaan silsilah Pangeran Sutajaya, serta tausyiah, yang insya Allah akan dihadiri oleh Syech Habib Lutfhi. Hal itu disampaikan Ketua Umum FKWSG, H Tarmadi saat menggelar rapat persiapan, Rabu malam (29/09/2021).

Dikatakan Ketua Umum FKWSG, H Tarmadi, rencana gelaran acara akan dimulai dengan acara pawai kebudayaan yang sebelumnya dibuka dengan tawasul dan doa bersama di makam situs Pangeran Sutajaya.

Selanjutnya pada pelaksanaan Haul Pangeran Sutajaya nanti, pihak panitia akan mengundang, Bupati Cirebon, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Ulama dan Umarah se-Kecamatan Gebang serta para tamu lainnya. Begitu pula Pangeran patih Qodiron dari Kesultanan Cirebon yang juga merupakan keturunan Pinageran Gebang akan di undang, jelas H Tarmadi

Masih menurut Ketua Umum FKWSG, H. Tarmadi, bahwa acara haul Pangeran Sutajaya dan Pangeran Penganten, selain menghormati, menjaga dan melestarikan budaya, juga bertujuan untuk mengingatkan kembali sejarah yang terpendam dan mengenang perjuangan para pendahulu yang merupakan pendiri Gebang.

“Dari haul ini, kita bisa lebih untuk memahami dan mencintai budaya serta sejarah Gebang, dan juga bisa mengambil hikmahnya, yakni bisa melihat kembali sejarah Gebang yang sudah lama terpendam. Dan mungkin di zaman sekarang banyak yang tidak tahu sejarah ini. Untuk itu kita bisa munculkan kembali untuk dikembangkan dan dikenalkan dari sisi historis ini,“ ungkapnya.

Lebih dari itu, H. Tarmadi, mengharapkan acara ini mengharap dapat memunculkan keberkahan untuk semua. “Semoga kita juga mendapatkan barokah dan ridho dari Allah SWT, karena kita sebagai manusia dan keturunan Mbah Sutajaya dan Pangeran Penganten masih bisa mendoakan dan menghormati para sesepuh kita yang sudah mendahului kita semua. Sebab beliau sudah sangat berjasa membangun, membabad alas wilayah Gebang, hingga sampai sekarang menjadi daerah kediaman kita yang tercinta ini,” Ungkapnya.

Ia juga menambahkan, beberapa rentetan acara yang rencana akan digelar antara lain, pagelaran seni budaya seperti tari topeng dari Losari, Gending Caruban, drama kolosal, yang nantinya akan diperankan oleh tokoh masyarakat Gebang, para Kuwu, Perangkat Desa, Kamtibmas dari Polsek, Pembina dari Koramil, diharapkannya dengan digelarnya peringatan haul tersebut, semua warga Gebang dan sekitarnya untuk bisa hadir dan menyaksikan suguhan spektakuler kolosal tersebut, pungkas H Tarmadi. (Kabiro/Asr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button