MUSRENBANGTak Berkategori

Gelar Musrenbang, Pemkab Solok Susun RKPD 2024, Epyardi Asda ; Proyeksi APBD 1.418 T

Bupati Solok H Epyardi Asda gelar Musrenbang tahun 2023 dalam rangka menyusun RKPD tahun 2024

Senin, 20 Maret 2023

Kab Solok, Suaraindependent.id — Dalam rangka menyusun RKPD tahun anggaran 2024, Pemkab Solok menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Kali ini, pemerintah menitik beratkan pembahasan terhadap percepatan Tranformasi Ekonomi melalui sektor Pertanian, UMKM, Perdagangan dan Pariwisata secara Inklusif dan Berkelanjutan.

Bertempat di Gedung Solok Nan Indah Arosuka, Musrenbang dihadiri oleh Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar, Unsur Forkopimda, Pimpinan DPRD, Ketua TP PKK, Asisten I/II/III, Para Staf Ahli, Kepala OPD/ SKPD, Camat, Wali Nagari se Kab. Solok

Nafri, Plt. Kepala Bapelitbang Kab Solok menyebutkan bahwa RKPD tahun 2024 merupakan RKPD tahun ke 3 pelaksanaan RPJP Kab Solok tahun 2021-2026

Acuan penyusunan RKPD tersebut adalah, evaluasi capaian kinerja tahun 2022 dan perintah pembangunan Nasional, isu – isu strategis, juga prediksi masa mendatang baik di daerah, regional, nasional maupun global.

Sementara, penyusunan RKPD tahun 2024, diawali dengan Musrenbang tingkat Nagari, tingkat Kecamatan, dan pelaksanaan Forum perangkat daerah serta penelaahan kepada Pokok pokok pikiran DPRD

Pada Musrenbang tersebut, Bupati Solok menegaskan kembali bahwa proyeksi APBD Kab Solok tahun 2024, lebih kurang 1.418 T. Sementara, berdasarkan RPJMD proyeksi PAD Kab Solok, 91 M, pendapatan transfer 1.270 T, dan lain lainnya 56 M.

Epyardi menyebutkan, guna meningkatkan PAD Kab Solok, kita akan menambah satu Kepala Bidang (Kabid) di BKD kab Solok untuk mendata semua potensi dalam meningkatkan PAD

Sementara, untuk memberantas kemiskinan masyarakat Kab Solok, kita minta Wali Nagari melalui Camat untuk segera mendata masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan, “by name by addres,”

Kita akan lakukan segala upaya dan usaha untuk mengentaskan kemiskinan ini. 2024-2025 kemiskinan di Kab Solok sudah paling rendah se sumatera barat, jika saat ini 7%, kedepannya di bawah 2%”

Terkait bedah rumah, dari 2000 unit program bedah anggota DPR RI Athari, 1000 akan diprioritaskan untuk masyarakat Kab Solok yang kurang mampu.

Sambung Bupati, di tahun 2023 ini, juga ada program Inpres dari Presiden. Pemda boleh mengusulkan jalan Kabupaten. Sementara di pihak Athari, juga akan mengusulkan 50 Milyar dari 100 Milyar dana Pokirnya untuk dialokasikan pada Pembangunan Jalan di Kab Solok

Saya berharap pembangunan yang akan kita jalankan benar benar bermanfaat dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutup Bupati Solok.

Usai sambutan dari Bupati Solok, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama Wali Nagari Se- Kabupaten Solok. (Billy@nsi-id)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button