Komisi pemilihan umumTak Berkategori

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kab Solok Gelar Siaga Pengawasan, Medison ; Waspadai ASN Terlibat Politik Praktis

Sekdakab Solok Medison, S. Sos buka kegiatan Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilu 2024″ di D’Relazion Cafe Kota Solok, Selasa (14/2)

Selasa 14 Februari 2023

Kab Solok, Suaraindependent.id — Memasuki tahun tahun politik menuju Pemilu Serentak tahun 2024, berbagai langkah dilakukan oleh Bawaslu Kab Solok guna mengantisipasi terjadinya pelanggaran pemilu, baik dari peserta itu sendiri maupun dari penyelenggara. Namun yang paling riskan dan diwaspadai adalah keterlibatan para ASN Pemkab Solok dalam berpolitik.

Mengantisipasi hal tersebut, Bawaslu Kabupaten Solok Menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, dan Launching “Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024″ yang dilaksanakan di D’Relazion Cafe Lukah Pandan Kota Solok, Selasa (14/2)

Mewakili Bupati Solok, Sekda Medison, S. Sos mengingatkan untuk mewaspadai para ASN tidak terlibat Politik Praktis. Ia menyebutkan, menjelang satu tahun kegiatan Pemilu tahun 2024, Bawaslu semakin berbenah dan mematangkan langkah-langkah dalam mengoptimalkan Pengawasan Pemilu dari berbagai Aspek.

Dalam aspek pengawasan, pengalaman sudah membuktikan bahwa Pemilu yang lalu di Kabupaten Solok ada 2 (dua) sanksi yang di terima terhadap ASN. Pertama pada Tahap kampanye Awal dan yang Kedua pada Tahap Kampanye sedang berlangsung

Ketua Bawaslu Kab Solok, Afri Memori bersama Sekdakab Solok, Medison, S. Sos

Hasil dari laporan Bawaslu Kab Solok kala itu menyebutkan adanya terjadi pelanggaran pemilu oleh ASN. Laporan tersebut kita tindak lanjuti dengan memberikan sanksi” berupa Peringatan Tertulis dan Hukuman Disiplin.” Terhadap hal demikian, Pemkab Solok siap bekerja sama dengan Bawaslu untuk menciptakan kondusifitas, menjaga Netralitas dan Integritas, sehingga kejadian dimasa lalu tidak terulang lagi.

Dalam kesempatan itu, Medison juga menghimbau untuk memberikan dukungan penuh kepada Bawaslu Kab Solok dalam pelaksanaan tugasnya,

“Kepada seluruh Stakeholder dan elemen yang ada, mari bersama-sama memberikan dukungan kepada Bawaslu dalam pelaksanaan tugasnya, sehingga Pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan dan menghasilkan Pemilu yang Berkualitas,” ajak Sekdakab Solok.

Senada dengan itu, Ketua Bawaslu Kab Solok, Afri Memori menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini selain dalam bentuk Sosialisasi kita juga melakukan Edukasi kepada seluruh elemen dan Stakeholder yang ada,

Selanjutnya juga secara bersama-sama kita melakukan Edukasi dilingkungan masing-masing, sehingga kita dapatkan hasil yang lebih baik dan optimal,

Kegiatan itu lebih baik dilakukan dari pada kegiatan yang bersifat Tindakan,” terang Ketua Bawaslu.

Turut hadir, unsur dari Kodim 0309 Solok, Kejari Solok, Polres Solok Kota, Polres Solok Arosuka, Pengadilan Negeri Koto Baru Solok, Pengadilan Negeri Kota Solok, Dinas Kominfo, Kesbangpol, KPU, Satpol PP dan Damkar, Ketua Forum Wali Nagari, Kementerian Agama Kabupaten Solok, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Cabang Wilayah III dan Ketua PWI Kabupaten Solok.

Acara dilanjutkan dengan Penandatangan Ikrar bersama Deklarasi Kampanye Damai menyongsong Pemilu Tahun 2024. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button