PERTANIAN

Kasat Lantas Tanah Datar Kembangkan Bawang Merah Varietas Birma Asal Solok

Panen perdana komoditi bawang merah milik Kasatlantas Polres Tanah Datar yang dihadiri oleh Bupati Tanah Datar

Kamis, 21 September 2023

Batusangkar, Suaraindependent.idKomoditi bawang merah di Sumatra Barat saat ini semakin menjanjikan, hal itu terlihat di daerah yang identik dengan pertanian, yakni Kabupaten Solok, terhampar ribuan hektar tanaman bawang merah. Yang semula bertani marqisah, sekarang mencoba peruntungan dengan usaha pertanian bawang merah.

Berawal dari Kabupaten Solok, Iptu Hidayanda Rizki yang mantan Kasat Lantas Polres Solok Arosuka, juga sudah menggeluti komoditi bawang merah ditempat asal ia bertugas. Selepas dari Solok, Hidayanda Rizki tidak berhenti dan kembali mengembangkan pertanian bawang merah di Kabupaten Tanah Datar, dimana ia bertugas saat ini sebagai Kasat Lantas Polres Tanah Datar

Usaha tersebut menuai hasil, ditandai dengan dilaksanakannya panen perdana komoditas Bawang Merah miliknya di Jorong Tigo Batur Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.

Panen perdana tersebut turut dihadiri Bupati Tanah Datar, Eka Putra, Kamis (21/9). Eka Putra memberikan apresiasi atas panen komoditas Bawang Merah jenis Birma milik Kasat Lantas Polres Tanah Datar tersebut

Panen Bawang Merah ini tentunya kita apresiasi, berkat kerja keras Kasat Lantas ini telah turut serta dalam membantu ketersediaan Bawang Merah di Tanah Datar”

Bupati Tanah Datar mengungkapkan, komoditi Bawang Merah menjadi salah satu unsur untuk mengendalikan inflasi daerah di Tanah Datar, karena Tanah Datar memiliki ketersediaan Bawang Merah yang cukup bahkan surplus, selain ketersediaan cabai, tomat dan beberapa komoditas lainnya sangat mendukung pengendalian inflasi di Tanah Datar

Ia juga menyebutkan, keberhasilan Tanah Datar dalam pengendalian inflasi di apresiasi oleh Pemerintah Pusat dengan menjadi Terbaik 1 di Wilayah Sumatera dalam TPID Award beberapa waktu lalu

Bercocok tanam komoditas Bawang Merah ini, disamping turut meningkatkan perekonomian petani juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya, seperti di lahan Kasat Lantas ini, telah mampu menyerap 51 tenaga kerja setiap harinya”

Kasatlantas Polres Tanah Datar bersama Bupati Tanah Datar

Sambungnya, sebagai Pemerintah Daerah, kita sangat apresiasi atas sinergitas yang dilakukan oleh Polres Tanah Datar terkait kegiatan ini. Kita juga berharap sinergitas ini terus berlanjut, karena 60% masyarakat Kabupaten Tanah Datar hidup dari hasil pertanian.

Dikesempatan yang sama, Kasat Lantas Polres Tanah Datar Iptu Hidayanda Rizki, SH menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bupati Tanah Datar untuk melaksanakan panen perdana di lahan pertaniannya.

Disebutkan Rizki, kegiatan ini tak lepas dari dukungan Kapolres Tanah Datar, AKBP Derry Indra yang mensuport penuh peningkatan di sektor pertanian dan menekan angka pengangguran, khususnya produsen penghasil Bawang Merah di Kabupaten Tanah Datar

Untuk peningkatan disektor pertanian, Kapolres Tanah Datar, AKBP Derry Indra sangat mensuport kegiatan ini. Dengan ikut sertanya Bupati Tanah Datar memanen Bawang Merah milik saya ini, akan memberikan motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik kedepannya,” terang Rizki.

Selanjutnya Hidayanda Rizki mengatakan, lahan pertanian seluas 2 hektare ini ditanam Bawang Merah varietas Birma yang berasal dari Kabupaten Solok

Kita memilih varietas Birma ini karena mampu berkembang di lahan dataran rendah dan suhu panas, bahkan masa tanam sampai panen di daerah asalnya 3 bulan 14 hari, di Tanah Datar bisa cepat menjadi 2 bulan 5 hari, tuturnya.

disela sela kesibukannya, Iptu Hidayanda Rizki selalu menyempatkan diri bertemu dengan team tanamnya, sambil bersosialisasi dan mengajak untuk selalu tertib Berlalintas. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button