KESEHATAN

Ketua TP PKK Kab Solok Peringati Hari Kanker Sedunia Di Puskesmas Singkarak


Jumat, 4 Februari 2022

Kab Solok, Suaraindependent.idDalam rangka memperingati hari kanker sedunia, Ketua TP-PKK Kab Solok Ny. Hj Emiko Epyardi Asda, SP adakan kegiatan penanggulangan kanker di Puskesmas Singkarak Kec X Koto Singkarak Kab Solok.

Dengan mengangkat tema “ Close The Care Gap, menutup kesenjangan dalam penanggulangan kanker.” Peringatan hari kanker sedunia ini dilaksanakan dengan sederhana mengingat kondisi perekonomian masyarakat yang lagi sulit.

Hadir bersama Ketua TP PKK Kab Solok Ny. Hj Emiko Epyardi Asda, SP, Kadis Kesehatan Kab Solok Zulhendri, SKM, M. Kes, Kepala SKPD, Direktur RSUD Arosuka Dr Yones Indra, Camat Singkarak Chrismon Darma, S. IP, Forkopimcam, Camat Se Kab Solok, Kepala Puskesmas Singkarak Yuli Hardi, A. Md, Kep, Kepala Puskesmas Se Kab Solok, Ketua TP PKK Kec Se Kab Solok, Ketua TP PKK Nagari Se Kab Solok.

Kadis Kesehatan Zulhendri mengungkapkan, kanker payudara di Kabupaten Solok itu berjumlah 187 orang pada tahun 2019 dan di tahun 2020 turun menjadi 25 orang. Namun pada akhir tahun 2021 kemaren naik lagi menjadi 71 orang.

Untuk menyambut hari kanker sedunia kali ini, kita telah melaksanakan kegiatan GERTAK PTN ( Gerakan Serentak Penanganan Penyakit Tidak Menular ) pada Tanggal 27 Januari 2022 pekan lalu,

Dan pada Tanggal 2 Februari 2022, kita telah mengistruksikan semua sektror kesehatan untuk memasang spanduk dan umbul umbul terkait peringatan hari kanker sedunia, terang Zulhendri.

Selain itu, pada Tanggal 3 Februari 2022, kita juga telah menyebarkan alat peraga ke seluruh Puskesmas sehingga pelayanan bisa terjangkau lebih luas lagi, papar Kadis Kesehatan.

Ketua TP PKK Kab Solok Ny. Hj Emiko Epyardi Asda, SP menyebutkan, kanker merupakan masalah kesehatan di Dunia maupun Nasional. Di Indonesia berdasarkan data Globocan tahun 2020, kasus baru kanker sebanyak 396, 914 dengan tingkat kematian sebanyak 234, 511 orang.

Emiko mengatakan, pada peringatan kali ini kita berharap dapat meningkatkan dan mengajak semua pihak terkait untuk bekerjasama menciptakan penanggulangan kanker di Kab Solok. Semoga peringatan ini dapat berkontribusi dalam upaya melawan kanker, tutup Ketua TP-PKK.

Kemudian acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pelaksaan tes IVA oleh ketua TP PKK Kab solok. (billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button