KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Kultum Rutin “Maknai Kehidupan Dengan Mencontoh Lebah”

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Korem 062/Tn menggelar kegiatan Kultum rutin setiap hari Ba’da Shalat Dzuhur, yang kali ini disampaikan oleh Ust. Serka Ganda Sasmita” dari Bintaljarah Korem 062/Tn, dengan tema “Hiduplah Seperti Lebah”. bertempat di Masjid Baiturrahim Makorem 062/Tn Jalan Baratayudha No. 65 Kabupaten Garut Rabu 30 Agustus 2023.

Al-Quran terdiri dari 30 Juzz, 114 Surat dan 6666 Ayat. Dari 114 Surat yang ada di Al-Quran ada 5 Surat yang menggunakan nama hewan diantaranya Al-Baqarah (Sapi Betina), An-Naml (Semut), An-Nahl (Lebah), Al-Ankabut (Laba-laba) dan Al-Fil (Gajah). Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan tentang surat An-Nahl (Lebah).

Kenapa Allah SWT mengabadikan Lebah di salah satu nama surat dalam Al-Quran. Ada salah satu Hadist Rasulullah menyampaikan, “Sesungguhnya seorang yang beriman diibaratkan seperti Lebah” (HR. Akhmad). Arti dari Hadist tersebut adalah :
Pertama : lebah itu selalu mendatangi tempat-tempat yang baik dan indah. Maknanya kita selaku orang beriman harus selalu mendatangi tempat-tempat yang baik jangan mendatangi tempat-tempat yang dilarang oleh agama.

Kedua : lebah selalu memakan yang baik-baik. Maknanya kita selaku manusia yang beriman juga sama harus memakan makanan yang baik dan mengutamakan kehalalan apalagi makanan yang diberikan kepada keluarga kita, karena ketika makanan yang kita berikan bersumber dari yang Haram, disadari atau pun tidak, akan berdampak buruk dan negatif bagi kehidupan rumah tangga kita.

Ketiga : lebah juga akan mengeluarkan yang baik-baik pula (madu), yang ada manfaat serta obat didalamnya bagi manusia, dan lebah tidak pernah merusak apa yang dia datangi. Maknanya kita semua dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada jangan sampai jadi benalu, jangan jadi masalah, bila perlu kita harus bisa jadi solusi daru permasalahan yang ada dilingkungan kita”, tuturnya.

Makna selanjutnya, ketika ratu lebah dipindahkan ke tempat lain maka lebah lainnya akan selalu mengikutinya. Untuk itu kita selalu umat muslim juga harus taat kepada pemimpin kita yaitu Nabi Muhammad SAW selaku Nabi Akhir jaman yang dapat memberikan Syafaatnya untuk para pengikutnya”, tambahnya.

Kegiatan diikuti oleh, Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S. Sos., S.I.P., M.M., M.Han., Kasrem 062/Tn Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, S.I.P., Para Kasi Korem 062/Tn, Para Pasi Korem 062/Tn., Kabalakrem 062/Tn., Para siswa Sesko AD., Para Perwira, Bintara, dan Tamtama serta PNS jajaran Korem 062/Tn.
(Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button