KODAM III/SLW-MABES TNI

Membanggakan, Inovasi Dendrobium Silihwangi Anggrek Persilangan Karya Anak Bangsa

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaraindependentnews.id – Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Siliwangi Ny. Mia Kunto Arief Wibowo yang juga selaku Pelindung DPD PAI Jabar menampilkan karya membanggakan yakni bunga anggrek Dendrobium Silihwangi pada kegiatan display sarana prasarana dalam rangka optimalisasi pemberdayaan wilayah dan kesiapan Kodam III/Siliwangi TA. 2023 di Lapangan Kodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Jum’at (23/06/2023).

Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Adhe Hansen melalui rilis yang dikirimkan ke Sahabat Siliwangi, Sabtu 24 Juni 2023.

Untuk diketahui, Dendrobium Silihwangi mempunyai arti saling silih asih asuh asah menuju kesejahteraan bersama. Dendrobium Silihwangi merupakan anggrek hibrid silangan baru yang terdaftar di Royal Horti Society Inggris dan diakui secara internasional dengan dibuktikan terbitnya sertifikat persilangan anggrek.

Selanjutnya ia menegaskan bahwa perakitan anggrek dimulai sejak tahun 2021 dengan mengawinkan anggrek Dendrobium Tasiman sebagai betina dan anggrek Dendrobium trilamellatum dari Papua sebagai jantan yang mana proses ini disebut persilangan tanaman anggrek.

“Proses pembuahan terjadi selama 3 bulan dilanjutkan dengan proses semai biji secara Kultur Jaringan. Tidak cukup sampai disitu, terdapat proses lanjutan yang membutuhkan waktu lama yaitu pemeliharaan tanaman dalam Laboratorium hingga tanaman siap ditanam di Green House Agrasoka Cisaroni”, jelas Ny. Mia Kunto.

Ny. Mia juga menyampaikan, pertumbuhan tanaman anggrek di dalam Green House Agrasoka Cisaroni perlu dilakukan pemeliharaan secara rutin dan intensif agar tanaman mampu tumbuh dan berkembang secara optimal hingga berbunga.

“Waktu yang kami butuhkan dari awal persilangan sampai tanaman berbunga yaitu 3 tahun dan baru dapat didaftarkan secara internasional pada tanggal 12 April 2023”, tutur Ny. Mia Kunto.

Anggrek Dendrobium Silihwangi merupakan dedikasi penyilang (Reo Sempana) sebagai putra dari purnawirawan TNI AD yang juga sebagai Tim Produksi Flona yang ingin ikut serta mempersembahkan karya anak bangsa dalam display Inovasi di Kodam III/Slw.

Ketua Persit KCK Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto yang juga sebagai CEO Flona serta Pelindung DPD PAI Jabar mengakomodir kegiatan tersebut dan mendapatkan apresiasi dari Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

“Kedepan kita berharap semoga semakin banyak muncul karya anak bangsa dalam persilangan anggrek baru yang bisa merepresentasikan identitas bangsa”, pungkas Ny. Mia Kunto. (Pendam III/Siliwangi, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button