KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Pasipuanter Korem 062/Tn Hadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2023 Di Alun-Alun Garut

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M., M.Han diwakili Pasipuanter Korem 062/Tn Mayor Inf E. Mulyana menghadiri Kegiatan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Garut Tahun  2023, bertempat di Lapangan Otista Alun-alun Garut Jalan A. Yani Kelurahan Paminggir Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, Minggu 22 Oktober 2023.

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Garut Tahun  2023 dengan Inspektur Upacara Bupati Garut Dr H. Rudi Gunawan, SH., MH., MP membacakan Amanat Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan dalam rangka memperingati Hari Santri tahun 2023 ini, merupakan hari yang kita nantikan, yang membangkitkan semangat dalam diri kita sebagai santri untuk terus berjuang demi kebaikan dan kemajuan negeri tercinta.

Shalawat dan salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi panutan kita, Nabi Muhammad SAW yang senantiasa kita nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak, Aamiin…

Pada peringatan Hari Santri kali ini mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” memiliki makna yang mendalam.

Kata “jihad” dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri.

Hari ini, kita akan merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

Sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari. Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan.

Tentunya, kita juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini. Mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia. Semangat jihad mereka dalam menjalankan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan sangat patut kita teladani.

Hari Santri adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan peran kita dalam menjayakan negeri ini. Sebagai generasi penerus, kita harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum. Kita harus menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

Oleh karena itu, mari kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari. Perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan.

Bersama-sama, kita bisa menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan. Saat ini, negara kita menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang kompleks. Di tengah dinamika global yang terus berubah, santri memiliki peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat.

Mari kita bersatu, terus berjuang, dan menjalankan peran sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri ini.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Iwan Nurjaman Pemuda Muslim yang diikuti ± 1000 orang santri.

Kegiatan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2023 Tingkat Kabupaten Garut yang diselenggarakan oleh Forum Pondok Pesantren (FPP) Kabupaten Garut.

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Garut Dra Hj Euis Ida Wartiah, M.Si, Dandim 0611/Grt Letkol Czi Dhanisworo, S.Sos, Kapolres Garut AKBP Rohman Yongky Dilatha, S.I.K., M.Si, Dandenpom diwakili Pasi Wal Denpom III/2 Garut Kapten  Cpm Supriadi, Sekda Garut Drs H Nurdin Yana, MH., M Si, Ketua MUI Kabupaten Garut KH. Sirojul Munir, Kepala Kemenag Kabupaten Garut Dr. H. Saepulloh, S.Ag., M.Pd.I, Ketua FPP Kabupaten Garut KH. Aceng Nurjaman, S.Pd.I, Ketua TPPKK Kabupaten Garut Hj Diah K. Rudi Gunawan, Para SKPD di lingkungan Pemda Garut, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Garut Ibu Lina Nurdin Yana, Para Pengurus FPP Kabupaten Garut, Para Pimpinan Pondok Pesantren Se Kabupaten Garut dan Perwakilan Santri dan Tamu Undangan Lainnya. (Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button