HUT

Pemkab Nias Barat Rayakan Hari Jadinya Ke-12 Tahun 2021.

NIAS BARAT,SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Barat dalam hal ini Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan sambutan pada Peringatan Hari Jadi Daerah Kabupaten Nias Barat Ke-12 Tahun 2021, bertempat di Halaman Kantor Bupati Nias Barat, Onolimbu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Senin (07/06/2021).

Dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Barat, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat serta Anggota, Sekretaris Daerah, Pejabat Eselon II, III, IV serta Staf lingkup Pemerintahan Kab. Nias Barat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarat dan Undangan.

Perayaan Peringatan Hari Jadi Daerah Kab. Nias Barat Ke-12 pada 26 Mei 2021 terlaksana pada Senin, 07 Juni 2021. Adapun pelaksanaan kegiatan tetep mengikuti protokol kesetahan.

Bupati Nias Barat dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa, memperingati Hari Jadi Kabupaten Nias Barat bermakna untuk:

  • Melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah. Masa lalu itu adalah fondasi yang sangat bernilai sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan;
  • Sebagai salah satu sarana untuk melihat  perjalanan kehidupan yang dapat dimaknai untuk menjawab persoalan dan tantangan ke depan;
  • Mendesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu.

Oleh karenanya, memperingati Hari Jadi Kabupaten Nias Barat Ke-12 Tahun 2021 ini bukanlah hanya sekedar seremonial belaka, tetapi sebagai momentum bagi kita untuk mengenang lembaran sejarah 12 tahun Kabupaten Nias Barat, dimana terpampang beragam keberhasilan sekaligus terbentang sejumlah tantangan dan persoalan yang harus menjadi catatan dan perhatian seluruh komponen masyarakat di daerah ini. Seiring dengan itu, sebagai bagian dari bangsa yang tetap menghargai dan tidak melupakan sejarah, maka proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di daerah ini, diwarnai oleh tetesan keringat, kerja keras dan perjuangan yang diawali oleh para pejuang pembentukan Kabupaten Nias Barat serta secara silih berganti beberapa pemimpin yang menakhodai Kabupaten Nias Barat telah memberikan kontribusi bagi peningkatan pembangunan di Kabupaten Nias Barat tercinta ini.

Maka melalui kesempatan ini, saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada para tokoh pejuang Kabupaten Nias Barat dan kepada para mantan pemimpin pemerintahan yang telah memberikan kontribusi melalui pemikiran dan karya dalam membangun Kabupaten Nias Barat.

Kami Bupati dan Wakil Bupati memohon maaf yang sebesar besarnya  mengingat situasi Covid 19 saat ini, Undangan pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Barat ke-12 tahun 2021 ini sangat terbatas dan kiranya kedepan acara ini dapat kita rayakan secara maksimal. Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Barat ke-12 tahun 2021 ini merupakan tahun pertama kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Barat yang telah dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara pada tanggal 26 April 2021 di Medan. Kesuksesan ini bisa   kami  raih karena dukungan, perjuangan, dan pengorbanan saudara-saudaraku yang sangat luar biasa. Oleh sebabitu, Bupati dan Wakil Bupati, Khenoki – Era Era mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak atas dukungan yang diberikan kepada kami selama ini. Kami masih sangat mengharapkan dukungan Saudara-saudaraku sekalian untuk menyukseskan pemerintahan Khenoki – Era Era kedepan.

Untuk membangun Nias Barat ini, kami Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat Mengusung visi “MEWUJUDKAN NIAS BARAT YANG BERSIH, UNGGUL, DAN MAJU”. Pencapaian visi ini dilakukan melalui pelaksanaan 7 (tujuh) misi berikut ini.

  1. Membangun sistem manajemen pemerintahan daerah yang baik, transparan, profesional, dan bersih dari SUAP/KORUPSI, KOLUSI DAN NEPOTISME;
  2. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD);
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh aspek kehidupan masyarakat;
  4. Mengembangkan ekonomi masyarakat yang berbasis agrominawisata (pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata) dan industri;
  5. Meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar (jalan, jembatan, gedung sekolah, puskesmas, rumah sakit, instalasi air bersih);
  6. Mengembangkan inovasi daerah dalam rangka meningkatkan daya saing daerah, masyarakat, dan pelaku pembangunan lainnya;
  7. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur dan masyarakat untuk memajukan Nias Barat.

Pemerintahan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat diawali dengan Program 100 Har Kerja sebagaimana telah dicanangkan pada hari Senin, 10 Mei 2021, yaitu:

  1. Pembersihan dan penataan Kantor, Rumah Sakit Umum, Puskesmas, Sekolah, dan Lingkungan Desa;
  2. Pembersihan Pasar Rakyat Bukit Sion I dan Bukit Sion II;
  3. Peningkatan disiplin ASN;
  4. Bedah Rumah Tidak Layak Huni;
  5. Fungsionalisasi Pustu dan Poskesdes;
  6. Pembuatan Kotak Saran;
  7. Pembuatan Profil Desa se-Kabupaten Nias Barat;
  8. Penyediaan ambulance 24 jam secara gratis bagi masyarakat Nias Barat.

Sebagai salah satu wujud visi misi kami sebagai  Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat adalah Pembangunan Tower yang sudah kami lakukan peninjauan pada minggu lalu dan dalam minggu ini akan dilakukan peletakan batu pertama. Oleh karena itu, melalui Peringatan Hari Jadi ke-12 ini, saya mengajak kita semua masyarakat Nias Barat untuk saling bekerja sama, saling bergandengan tangan dengan penuh semangat, dan menunjukkan jati diri sebagai pejuang-pejuang Kabupaten Nias Barat.

Program-program pembangunan NiasBarat hanya dapat dilaksanakan melalui kerjasama yang baik dan benar antar satuan kerja. Koordinasi dan komunikasi antar semua pihak sangat penting dalam hal ini. Peran aktif dari semua pihak sangat menentukan keberhasilan pembangunan di Nias Barat yang kita cintai ini sehingga Kabupaten Nias Barat dapat menjadi Daerah Soguna Ba Zato. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close