Pemerintahan

Pemkab Nias Utara Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Tahun 2021-2026

NIAS UTARA, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Utara melaksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Nias Utara Tahun 2021-2026 yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias Utara,  Selasa  (25 Mei 2021).

Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si dalam arahannya menyampaikan, bahwa dalam kerangka penyusunan RPJMD Kabupaten Nias Utara Tahun 2021-2026, ada beberapa hal yang menjadi penekanan dan perhatian. Pertama, seluruh OPD harus dapat menjabarkan visi dan misi Kabupaten Nias Utara dengan sebaik-baiknya. Hal ini dilakukan dengan cara menyusun sasaran OPD, program prioritas beserta indikator kinerjanya yang terukur dan tersedia data yang relevan dan terkait langsung dengan pencapaian visi dan misi, serta dalam rangka penyelesaian permasalahan dan isu strategis daerah seperti tingginya angka kemiskinan, rendahnya IPM, pertumbuhan ekonomi, penanganan stunting dan permasalahan lainnya.

Kedua, adanya perubahan paradigma pembangunan dari money follow function menjadi money follow program priority benar-benar dilakukan. Ketiga, rasionalisasi program yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi rakyat untuk benar-benar dilakukan. Dan keempat, simultan dengan penyusunan RPJMD, di masing-masing OPD juga berproses untuk penyusunan Renstra OPD, wajib mengacu pada RPJMD.

Diakhir arahannya Yusman Zega,  berharap agar seluruh peserta forum dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh sampai berakhir. Harapnya.

Sebelumnya Dalam sambutan Pimpinan DPRD Nias Utara yang disampaikan oleh Dalifati Ziliwu, S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa pelaksanaan Forum Konsultasi Publik RPJMD Nias Utara 2021-2026 adalah sebagai wadah menampung aspirasi publik untuk membangun Nias Utara.

Ia mengharapkan agar dalam penyusunan rencana kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berpedoman pada Visi-Misi Kepala Daerah. Hal ini untuk mempercepat terwujudnya pembangunan Nias Utara sesuai yang dikehendaki dalam Visi-Misi tersebut

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara DR. Ir. Hasmirizal Lubis, M.Si dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Utara Yosi Sukmono, ST secara virtual menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas terselenggaranya Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Nias Utara Tahun 2021-2026. Disampaikannya bahwa Forum Konsultasi Publik merupakan bagian dari rangkaian proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan di daerah dalam rangka memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang telah dijabarkan lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008

Pada kesempatan tersebut,  Kepala Bappeda Provsu yang dibacakan oleh Sekretaris tersebut mengingatkan agar Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam menyusun RPJMD Kabupaten Nias Utara Tahun 2021-2026 didasarkan pada:

  1. Prioritas pembangunan dalam RPJM Nasional Tahun 2020-2024 yang diselaraskan dengan RPJMD Provinsi/Kabupaten/Kota
  2. Masalah dan tantangan pokok serta isu strategis dan permasalahan yang harus ditangani dalam tahun rencana secara terukur
  3. Rancangan kerangka ekonomi daerah beserta kerangka anggaran dan kerangka regulasi
  4. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang menjadi kewenangan Kabupaten/Kota.;Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)
  5. Pemulihan ekonomi dan kehidupan masyarakat.  (Fariz Larosa)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button