PARIWISATA

Pesta Budaya Rakyat Kabupaten Nias Barat Tahun 2023 Berlangsung Sukses Dan Meriah

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pelaksanaan Pesta Budaya Rakyat Kabupaten Nias Barat Tahun 2023 dengan tajuk Festival Musik Tradisional berlangsung sukses dan meriah, disaksikan ribuan warga Nias Barat yang datang dari berbagai kecamatan bahkan masyarakat di luar Kabupaten Nias Barat.

Pesta budaya yang dilaksanakan di Panggung Utama Pantai Sirombu tersebut, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Nias Barat, Sozisokhi Hia, SH, MM, mewakili Bupati Nias Barat, Minggu (24/09/2023) sore.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si melaporkan bahwa salah satu tujuan Pelaksanaan Festival Budaya yaitu memberikan wadah, ruang kreasi bagi para seniman, sanggar, komunitas, dan para pelaku budaya di Kabupaten Nias Barat untuk menginspirasi dan melestarikan seni dan budaya melalui ekspresi musik tradisional.

Selain itu, lanjut Imelda Hia, pelaksanaan festival musik tradisonal Nias Barat diharapkan dapat menghidupkan kembali minat masyarakat dalam menciptakan, memainkan dan melestarikan berbagai macam alat musik tradisonal khas daerah sekaligus melalui pelakasanaan festival ini, menjadi wadah dan sarana promosi dalam memperkenalkan ciri khas kebudayaan dan seni musik tradisional Kepulauan Nias secara umum dan Nias Barat secara khusus kepada masyarakat luas.

Sementara itu, Sekda Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., MM., mengatakan bahwa Nias Barat memiliki kekayaan budaya dan kesenian tradisional yang sangat perlu dijaga dan dilestarikan.

“Kita memiliki banyak warisan budaya benda maupun tak benda seperti situs batu megalitik, rumah-rumah adat, tari-tarian tradisional, kesenian tradisional, permainan tradisional, bahasa daerah, cerita rakyat, dan tradisi adat istiadat yang begitu menarik dan patut dijaga kelestariannya. Pesta budaya rakyat dapat menjadi wadah di dalam menampilkan berbagai macam budaya, adat istiadat, dan kesenian tradisional kita kepada masyarakat luas,” tutur Sekda Nias Barat

Sekda mengharapkan agar Festival Budaya Musik Tradisional menjadi sarana dalam memperkenalkan kekayaan budaya, adat istiadat, kesenian tradisional dan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat kepada para generasi muda serta dapat mempromosikan potensi ekonomi, wisata dan budaya yang dimiliki oleh kabupaten nias barat kepada masyarakat luas.

Pelaksanaan Festival tersebut, diselengi dengan penampilan Sanggar Sangehao yang merupakan Juara I Lomba Aekhula Manari Tahun 2022 dab penampilan Sendra Tari Sanggar Berakar dari Kecamatan Mandrehe Utara.

Berikut hasil kejuaraan Festival Musik Tradisional pada pelaksanaan Pesta Budaya Rakyat Kabupaten Nias Barat, yaitu:

– Kecamatan Lolofito Moi sebagai Juara I mendapatkan Tropi dan Uang Pembinaan sebesar 8 juta rupiah

– Kecamatan Ulu Moro’o sebagai Juara II mendapatkan Tropi dan Uang Pembinaan sebesar 7 juta rupiah

– Kecamatan Mandrehe Utara sebagai Juara III mendapatkan Tropi dan Uang Pembinaan sebesar 6 juta rupiah

– Kecamatan Mandrehe sebagai Juara Harapan I mendapatkan Tropi dan Uang Pembinaan sebesar 5 juta rupiah

– Kecamatan Moro’o sebagai Juara Harapan II mendapatkan Tropi dan Uang Pembinaan sebesar 4 juta rupiah; dan

– Kecamatan Sirombu sebagai Juara Harapan III mendapatkan Tropi dan Uang Pembinaan sebesar 3 juta rupiah.

Turut hadir pada pelaksanaan Pesta Budaya Rakyat Kabupaten Nias Barat, diantaranya Staf Ahli Bupati Nias Selatan Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan Setao Amazihono, mewakili Bupati Nias Selatan, mewakili Forkopimda se Kepulauan Nias, Kepala OPD, Kepala Bagian Setda Kabupaten Nias Barat, Camat se Kabupaten Nias Barat, tokoh masyarakat dan pemerhati seni dan budaya serta tamu undangan lainnya. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button