POLRES TASIKMALAYA KOTA POLDA JABAR

Polres Tasik Kota Mulai Terapkan Ujian Praktik SIM C Model Baru

POLRES TASIKMALAYA KOTA-POLDA JABAR || suaraindependentnews.id – Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin meninjau langsung pelaksanaan ujian praktik SIM C model baru di Mapolres Tasikmalaya Kota, Senin 7 Agustus 2023.

Pada kesempatan itu, Kapolres AKBP SY Zainal Abidin didampingi Waka Polres Kompol Dhoni Erwanto, Kasat Lantas AKP Tedjo Reno, Kasi Propam Iptu RE Budhi dan Baur SIM Aiptu Kohar Herman, berinteraksi langsung dengan masyarakat pemohon SIM C yang melaksanakan tes ujian praktik.

“Benar, mulai hari ini Polres Tasikmalaya Kota menerapkan uji praktik baru guna mempermudah masyarakat mendapatkan SIM C”, ungkap AKBP SY Zainal Abidin.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Tedjo Reno Indratno menjelaskan bahwa awalnya lintasan angka 8 sudah diganti menjadi lintasan S, dan lebar lintasan diperbesar dari 1,5 kali lebar kendaraan, menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

“Peserta uji praktik, diawali ujian dari lintasan lurus, kemudian ada tulisan REM dengan kotak kuning, untuk menguji kepekaan pemotor dalam melakukan pengereman sampai berhenti dengan tanda tulisan STOP, dilanjut dengan memutar arah dan memutar dilintasan S melakukan manuver tikungan”, jelasnya.

Dan terakhir ada pengujian pengereman lagi dengan dua arah tujuan berhenti kiri dan kanan.

“Untuk yang terakhir, untuk menguji kepekaan pemotor saat melakukan pengereman menghindar ke kiri atau ke kanan”, tambahnya.

Kasat Lantas menegaskan bahwa jajarannya akan terus mekaukan sosialisasi kepada masyarakat terkait perubahan ujian SIM C tersebut.

Adapun pendapat masyarakat bahwa dengan lintasan yang baru tidak terlalu susah, hanya perlu ketenangan,” Lintasan yang baru ini tidak terlalu susah, hanya perlu ketenangan saja”, ujar Saeful Rohman salah satu pemohon yang lulus ujian praktik SIM C dengan lintasan model baru.

Hal senada disampaikan seorang Mahasiswa Viky Anwar yang lulus ujian praktik SIM C.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada bapak Kapolri yang telah merevisi dan merubah uji praktek SIM C, sehingga saya bisa melaksanakan ujiannya dengan lancar dan bisa lulus”, ucapnya. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button