Pemerintahan

Wabup Nias Utara Hadiri Perencanaan & Pelaksanaan Pengembangan Inovasi Daerah.

NIAS UTARA, SUARA INDEPENDENTNEW.ID

Wakil Bupati (Wabup) Nias Utara Yusman Zega, A.Pi., M.Si menghadiri rapat perencanaan dan pelaksanaan pengembangan inovasi daerah yang difasilitasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nias Utara. Rapat yang diselenggarakan di ruang rapat Kantor Bupati Nias Utara tersebut dihadiri oleh Plh. Sekda Drs. Folo’o Harefa, MM, Kepala Bappeda  Bazatulo Zebua, SE., M.Ec.Dev. dan para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara. Jumat (18/06/2021)

Dalam sambutannya Kepala Bappeda Nias Utara menyampaikan bahwa pada tahun 2020 terdapat 7 OPD yang telah mengajukan proposal inovasi daerah, namun sampai saat ini masih belum lengkap dan terkendala untuk didaftarkan dan dilaporkan di Kementerian Dalam Negeri.

“Proposalnya masih perlu penyempurnaan. Ada dokumen-dokumen yang harus dilengkapi untuk mencapai dan mendapat nilai indeks inovasi daerah” terang Kepala Bappeda.

Indeks inovasi daerah adalah himpunan inovasi daerah yang telah dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri sebagai sebuah bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Nias Utara dalam arahannya menyampaikan bahwa inovasi  daerah merupakan amanah PP 38 Tahun 2017. Dalam Peraturan Pemerintah tentang Inovasi Daerah tersebut ditegaskan bahwa  Kepala Daerah melaporkan inovasi daerah kepada Menteri Dalam Negeri, dan selanjutnya Menteri Dalam Negeri melakukan penilaian. Terhadap hasil penilaian inovasi daerah tersebut, diberikan penghargaan dan/atau insentif kepada Pemerintah Daerah.

Tujuan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang inovatif diantaranya adalah untuk memacu dan memotivasi pemerintah Kabupaten/Kota meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam pelayanan masyarakat serta untuk mendorong arah penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan daerah sesuai dengan kebijakan pembangunan nasional yang selaras dengan penerapanGood Governance.

 Mengakhiri arahannya Wakil Bupati mengharapkan agar Perencanaan dan Pelaksanaan Pengembangan Inovasi Daerah Lingkup Kabupaten Nias Utara tahun 2021 dapat terlaksana dengan baik sehingga tercapai indeks inovasi daerah serta menghimbau kepada seluruh OPD  untuk segera membuat dan mengajukan proposal tentang Pengembangan Inovasi Daerah.

“Bagi OPD yang telah mengajukan proposal namun belum lengkap, agar segera dilengkapi sesuai ketentuan yang berlaku. Dan bagi yang masih belum, agar segera disusun” pungkasnya. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button