KODAM III/SLW-MABES TNI

Apel Siaga Dalam Rangka Menghadapi Bencana Alam Di Wilayah Kodam III/Siliwangi

BANDUNG-JABAR || suaraindependentnews.id – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus dan Kajati Jabar Ade Tajudin Sutiawarman, S.H., M.H. mendampingi PJ. Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin S.E., M.T., menggelar Apel Siaga Dalam Rangka Menghadapi Bencana Alam Di Wilayah Kodam III/Siliwangi yang dilaksanakan di Lapangan Makodam III/Slw Kota Bandung, Jum’at 8 Desember 2023.

Kegiatan diikuti kurang lebih 6.548 orang secara luring dan daring. Apel gelar di Makodam III/Slw diikuti 530 orang dari satuan Pomdam III/Slw, Bekangdam III/Slw, Paldam III/Slw, Kesdam III/Slw, Kodim 0618/Kota Bandung, Yonarhanud 3/YBY, Yonkav 4/KC, Yonzipur 3/YW, Yonarmed 4/Parahyangan, Satuan Lanal Bandung, Lanud Husein Sastranegara, Satbrimob, Sabhara dan K-9 Polda Jabar, Satpol-PP, Orari, BPBD, Damkar, Basarnas, Dishub, PMI, Tagana, Pramuka dan relawan kebencanaan lainnya di Jabar. Sedangkan secara daring diikuti sebanyak 6.018 orang dari Kodim jajaran Kodam III/Slw.

Berbagai alat peralatan digelar di Makodam III/Slw diantaranya 1 unit kendaraan Gulbencal dari Bekangdam III/Slw, 1 unit kendaraan Bedah Lapangan dari Kesdam III/Slw, 1 unit kendaraan Dapur Lapangan dari Bekangdam III/Slw, 1 unit kendaraan Posko dari Brigif 15/Kujang II, 1 unit Ambulan dari Kesdam III/Slw, 2 unit kendaraan Bencana Alam Mini dari Paldam III/Slw dan 2 unit kendaraan Buggie dari Paldam III/Slw.

Sedangkan Polda Jabar menggelar 1 unit Ransus SAR dari Satbrimob, 1 unit kendaraan Water Treatment, 1 unit kendaraan Rescue/Sar dari Ditsamapta, 1 unit kendaraan Rescue/Sar Mini, 1 unit kendaraan K9 dan 1 unit kendaraan Lantas.

Sementara itu jajaran Pemprov Jabar menggelar 1 unit Ransus dan Alat SAR dari BPBD, 1 unit Ambulan PMI, 1 unit Ransus dan Peralatan Basarnas, 1 unit Ambulan Dinkes dan 1 unit kendaraan Damkar.

PJ. Gubernur Jabar pada sambutannya menyampaikan bahwa sesuai data dari BPBD terdapat 475 kecamatan yang memiliki potensi peningkatan ancaman bencana seiring potensi musim hujan yang kemungkinan akan terjadi hingga maret 2024.

“Diperlukan sinergi TNI – Polri dan Pemerintah Daerah termasuk Kabupaten dan Kota, unsur organisasi kemasyarakatan serta komponen masyarakat untuk melaksanakan upaya penanggulangan bencana yang cepat, tepat dan terpadu”, ucap PJ. Gubernur.

Keberhasilan penanggulangan bencana tergantung pada sistem penanggulangan bencana, sarana dan prasarana penunjang yang mumpuni serta koordinasi yang baik antara stakehorder dan masyarakat di wilayah rawan bencana.

Diharapkan melalui Apel Siaga yang dilaksanakan se-Jabar dapat meningkatkan kesiapsiagaan Provinsi Jabar dalam menghadapi bencana dan dapat meningkatkan koordinasi antar pemangku kepentingan.

“Saya mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat atas kesungguhan, kerja keras dan pengabdian pada setiap upaya yang dilakukan saat terjadi bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana yang mampu dilaksanakan dengan tangkas, tanggap dan tangguh”, tutur PJ. Gubernur.

Pada kesempatan tersebut PJ. Gubernur Jabar didampingi Pangdam III/Slw, Kapolda Jabar dan Kajati Jabar secara virtual menyapa seluruh Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jawa Barat yang juga melaksanakan Apel Siaga di wilayahnya.

Turut hadir dalam kegiatan Kasdam III/Slw, Kasgartap ll/Bdg, Irdam III/Slw, Kapoksahli Pangdam III/Slw, Kabinda Jabar, Asrendam dan para Asisten Kasdam III/Slw, para Dan/Kabalakdam III/Slw, PJU Polda Jabar, Danlanal Bandung, Danlanud Husein Sastranegara, Kapengti Jabar, Sekda Prov. Jabar, Kepala BPBD Prov. Jabar, Dirut PTPN VIII, Kadiv Regional III Perum Perhutani Jabar dan Banten serta para pimpinan organisasi relawan kebencanaan di Jabar. (Pendam III/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button