Tak Berkategori

Berharap, Ganti Kuwu Ganti Perangkat Desa Tidak Terjadi Di Era Kuwu Baru Nanti

Kab.Cirebon, suaraindependentnews_id – Pesta Demokrasi Pemilihan Kuwu (Pilwu) di 135 Desa yang tersebar di 38 Kecamatan Kabupaten Cirebon, telah usai dilaksanakan secara serentak pada Minggu, 21/11/2021. Proses Pilwu tersebut berjalan aman, lancar, tertib dan sukses.

Sebagaimana himbauan yang seringa disampaikan oleh Kepala Daerah ataupun dari instansi terkait lainya yang selalu disampaikan pasca Pilwu kepada Calon Kuwu yang terpilih, saat proses pelantikan nanti, selalu berpesan “jangan gampang bongkar pasang Perangkat Desa”.

Mensikapi himbauan tersebut, Ketua Pengurus Anak Cabang Pemuda Pancasila (PAC PP) Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon, Rembing, sangat mendukung sekali. Rembing-pun menambahkan, walaupun terkait pemberhentian atau pengangkatan perangkat desa itu hak dan wewenang Kuwu, namun alangkah lebih bijak ketika itu tidak terjadi, papar Rembing.

Masih menurut Rembing, apalagi persoalan pemberhentian perangkat desa sudah jelas diatur dalam Pasal 53 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, jelasnya

Maksud saya, agar dalam pelaksanaan roda kelemerintahannya ke depan tidak mudah terjadi bongkar pasang perangkat desa oleh Kades/Kuwu. Apalagi pemberhentian perangkat desa terjadi hanya sepihak, atau bahkan tidak sesuai dengan persyaratan dan prosedur yang berlaku, kata Rembing

Rembing juga menyampaikan dalam menjalankan kewenangannya, bagj Kades/Kuwu perlu didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi, dan mampu melihat serta menyesuaikan perkembangan zaman. Oleh karena itu peningkatan kualitas aparatur/perangkat desa juga menjadi tanggung jawab Kades/Kuwu.

Kami keluarga besar PAC PP Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon mengucapkan Selamat kepada 135 Calon Kuwu yang terpilih, semoga amanah dan mampu menjalankan roda kepemerintahannya dengan baik. Insya Allah Kades/Kuwu terpilih akan devinitif untuk menjalankan tugasnya di awal tahun 2022, pungkas Rembing yang juga pengurus DPD AWNI Jawa Barat. (Kabiro/Asr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button