KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Danrem 062/Tn Mewakili Pangdam III/Slw Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Ciamis Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Ke 381 Kabupaten Ciamis Tahun 2023

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo., S.I.P., diwakili Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S. Sos., S.I.P., M.M.,bmenghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Ciamis dalam rangka memperingati hari jadi ke-381 Kabupaten  Ciamis Tahun 2023 di Gedung DPRD Kabupaten Ciamis Jalan Ir. H. Juanda No. 164 Kabupaten Ciamis, Senin 12 Juni 2023.

Acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Ciamis dalam rangka Memperingati Hari Jadi ke-381 Kabupaten  Ciamis  Tahun 2023 dihadiri oleh Gubernur Jabar Dr. H.M. Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Adi Putra Buana, S.H., M.I. Pol., Bupati Ciamis, Wakil Bupati Ciamis, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Sekretaris DPRD Kab. Ciamis, Mantan Bupati dan Sekda Kabupaten Ciamis, DPR RI, DPRD Provinsi Jabar, Forkopimda Kabupaten Ciamis, Organisasi wanita dan Ikiad, Para Ketua Ormas/LSM/OKP, Para Tomas, Toda, Toga dan Seniman.

Acara diawali dengan ngarak kirab pataka dari Gedung Pendopo Kabupaten Ciamis menuju Gedung DPRD Kabupaten Ciamis yang merupakan acara sakral yang juga dijadikan tajuk utama dalam prosesi perayaan ulang tahun Kabupaten Ciamis.

Penyerahan pataka dari Bupati Ciamis kepada Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci al-quran.

Rapat Paripurna dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana, SH.

Sambutan Bupati Ciamis Dr. H Herdiat Sunarya menyampaikan Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita dapat mengikuti rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Ciamis, dalam rangka memperingati hari jadi ke-381 Kabupaten Ciamis Tahun 2023.

Sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjunan alam Nabi Muhammad SAW, para keluarganya, para sahabatnya, serta kita semua selaku umat-Nya yang Insya Allah selalu taat dan patuh mengikuti ajaran-Nya hingga akhir zaman.

Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat tatar galuh Kabupaten Ciamis kami mengucapkan “wilujeng sumping” dan “hatur nuhun’ kepada Bapak Gubernur Jawa Barat yang telah hadir bersama kita.

Selanjutnya saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada DPRD Kabupaten Ciamis atas penyelenggaraan rapat paripurna hari ini, serta kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir dan mengikuti acara ini.

Hari ini merupakan saat yang membahagiakan bagi kita semua, karena atas rahmat dan karunia Allah SWT, Kabupaten Ciamis yang kita cintai dan kita banggakan genap berusia 381 tahun, mari kita jadikan momentum peringatan hari jadi ini, sebagai motivasi untuk terus berjuang membangun melalui kinerja dan prestasi dalam rangka mewujudkan kabupaten ciamis yang maju, mandiri dan sejahtera.

Pada kesempatan yang baik ini juga, saya atas nama pribadi menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu semuanya dan seluruh masyarakat tatar Galuh Ciamis, karena tahun depan kami sudah tidak lagi menjabat sebagai bupati dan wakil bupati Ciamis.

Selama menjalankan tugas dan amanah dalam memimpin pemerintahan, kita telah dihadapkan dengan berbagai tantangan dan hambatan, terutama saat terjadinya pandemi covid-19 pada tahun 2020 dan 2021 yang berdampak sangat besar terhadap pembangunan dan perekonomian masyarakat, namun dengan semangat, kebersamaan, sinergitas dan upaya kerja keras, kita semua mampu melewati situasi dan kondisi tersebut.

Alhamdulillah kita masih dapat melaksanakan pemerintahan dan pembangunan antara lain dapat kita lihat dari:
-Tingkat pengangguran terbuka (tpp) tahun 2022 tercatat sebesar 3,75 persen, lebih baik, baik dibandingkan tahun 2021 sebesar 5,06 persen.
-Presentase penduduk miskin tahun 2022 tercatat sebesar 7,72 persen, menurun 0,25 persen dibanding tahun 2021 sebesar 7,97 persen.
-Laju pertumbuhan ekonomi (lpe) tahun 2022 sebesar
-5,02 persen, meningkat 1,36 persen dari tahun 2021 sebesar 3,66 persen.

Selanjutiya kinerja kita pada tahun 2022, telah mendapatkan berbagai penghargaan antara lain :

Pertama, Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diberikan oleh badan pemeriksa keuangan (BPK) atas pemeriksaan laporan kuangan pemerintah daerah tahun 2022, sampai dengan tahun ini pemerintah kabupaten ciamis telah memperoleh opini WTP selama 10 (sepuluh) tahun berturut-turut.

Kedua, Penghargaan anugrah adipura yang diberikan oleh kementrian lingkungan hidup dan kehutanan atas kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan. Sampai dengan saat ini pemerintah kabupaten Coamis telah mendapatkan anugrah adipura sebanyak 9 (sembilan) kali.

Ketiga, dibidang tata kelola pemerintahan, dari hasil evaluasi reformasi birokrasi oleh kementerian pendayagunaan apartur negara dan reformasi birokrasi, predikat reformasi birokrasi pemerintah Kabupaten Ciamis meningkat dari predikat “C” (cukup) menjadi “B” (baik).

Keempat, di bidang pelayanan publik, pemerintah Kab. Ciamis mendapat penghargaan predikat “tinggi” atas kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dari Ombudsman RI.

Kelima, di bidang pembangunan pertanian kita mendapatkan penghargaan “satyalancana wira karya tahun 2023” dari bapak Presiden Republik Indonesia.

Selain prestasi tersebut, kita juga telah mendapatkan berbagai penghargaan yang lainnya, baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. Selama I tahun yaitu pada tahun 2022 meraih penghargan sebanyak 288.

Semoga kita semua dapat lebih menumbuhkan dan meningkatkan kecintaan serta kebanggaan kita, kepada tatar Galuh Kabupaten Ciamis.

Selanjutnya mari kita jadikan motivasi dalam melaksanakan pembangunan dan pelayanan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat, sesuai dengan tema hari jadi tahun ini yaitu “Sinergi membangun kemandirian ekonomi, sejahtera untuk semua”.

Sambutan Gubernur Jabar Dr. H.M. Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., menyampaikan silaturahmi dengan warga masyarakat Kabupaten Ciamis. Tentunya saya pribadi dan atas nama pemerintah Jawa Barat mengucapkan hari jadi yang sangat panjang ke 381 Kabupaten Ciamis, kita doakan mudah-mudahan Kabupaten Ciamis diberi keberkahan rahmat dan ridho dari Allah SWT serta terhindar dari marabahaya.
Acara diakhiri dengan doa bersama. (Penrem 062/Tn, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button