PARIWISATA

Dukung Pariwisata Di Kab Solok, Nagari Tanjung Alai Siapkan Leader Paralayang

Minggu, 11 Desember 2022

Kab Solok, Suaraindependent.id – Lereng Green View, Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok merupakan salah satu objek wisata terbaik di Sumatera yang patut di coba untuk uji nyali bagi pecinta olahraga paralayang dan paramotor.

Dengan suguhan keindahan Danau Singkarak yang dikelilingi perbukitan nan asri, itu salah satu daya tarik bagi para penyuka traveling dan Paralayang. Sensasi terbang dengan hembusan angin danau yang sejuk akan membuat betah para pemain paralayang dan paramotor.

Hal tersebut diungkapkan Wali Nagari Tanjung Alai, Yurdam, SE disela sela giat event Fun Fly Paralayang dan Pergelaran Silek Tuo Tradisional serta pameran UMKM Nagari di Nagari Tanjung Alai Kec X Koto Singkarak Kab Solok, Minggu (11/12).

Disebutkannya, dengan adanya Event di Nagari Tanjung Alai yang digelar bersama dengan Disparbud Kab Solok, diharapkan mampu membantu dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Tanjung Alai

Disamping itu, dengan adanya Event ini, juga akan memancing dan meningkatkan minat putra daerah untuk belajar dan meminati olahraga paralayang dan paramotor ini.

Walinagari Tanjung Alai Yurdam, SE bersama Sekda Kab Solok Medison pada Event Fun Fly Paralayang, Minggu (11/12)

“Kami sudah mempunyai leader leader Paralayang asli putra daerah, dan SMK Singkarak juga sudah memulai kegiatan ekstrakulikulernya dibidang Paralayang ini, mereka latihan dua kali seminggu”

Yurdam menjelaskan, di Nagari Tanjung Alai ada 3 titik lokasi wisata yang bisa dikembangkan, yaitu Lereng Green View tempat diadakannya paralayang dan silek ini, ada wisata mandiri, dan treking ngalau. Jika objek itu dikembangkan akan menambah kunjungan wisata serta berdampak pada perekonomian warga, ungkapnya.

Dengan potensi wisata yang dimiliki Nagari Tanjung Alai ini, akan memancing minat pengunjung untuk datang kesini. Kami juga ingin menjadikan Nagari Tanjung Alai sebagai Nagari yang berkembang dengan andalannya pariwisata”

perlu kami sampaikan, ujar Yurdam. Pada tahun 2020 kemaren, Nagari Tanjung Alai masih dikategorikan sebagai daerah tertinggal, namun sejak kepemimpinan Bupati Solok H Epyardi Asda, Nagari Tanjung Alai perlahan mulai bangkit dan berkembang seperti sekarang ini. Sudah banyak anggaran APBD Kab Solok yang dikucurkan untuk pembangunan Nagari kami, terangnya.

“Tanjung Alai sudah menyedot anggaran APBD Kab Solok sebesar 1,4 M dalam berbagai bentuk pembangunan gedung, irigasi dan jalan yang menghubungkan Nagari Singkarak dengan Nagari Tanjung Alai. Tahun tahun sebelumnya kami hanya mendapat kucuran dana sebesar 200 juta rupiah saja”

Disebutkan Walinagari, pada Event Paralayang kali ini, sebanyak 73 peserta paralayang berasal dari berbagai daerah di Sumbar mengikuti event ini. Dan sebanyak 9 perguruan Silek Tuo Tradisional Kab Solok juga ikut meramaikan acara ini, disamping para penggiat UMKM yang menjajakan racikan tangannya sendiri, memenuhi area lereng green view ini, pungkas Yurdam.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Koperindag Ahpi Gusta Tusri, perwakilan OPD, Camat X Koto Singkarak Crismon Darma, wali nagari se-X Koto Singkarak dan tokoh masyarakat. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button